Terapi Baru Agar Tak Pernah Bosan Bercinta

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/06/07/763/pasangantsdlm.jpg
Jakarta, Meskipun menyenangkan, seks juga bisa jadi membosankan karena yang dilakukan hanya itu-itu saja. Yang paling penting dalam seks adalah pasangan dapat menikmati aktifitas dengan berfokus pada sensasi. Dengan cara ini, pasangan dapat memperbarui kehidupan seksnya karena dapat saling mengenal lebih jauh satu sama lain.

Suatu latihan atau terapi seks yang disebut 'sensate-focused sex' yang memusatkan pada sensasi mungkin bisa membantu pasangan yang merasa bosan dengan hubungannya. Metode ini dilakukan dengan serangkaian praktik yang menawarkan variasi dan meningkatkan kesadaran pribadi lewat sentuhan.

Metode ini awalnya dikembangkan oleh para peneliti seks bernama Drs. William Masters dan Virginia Johnson. Dalam metode ini, masing-masing pasangan diharapkan meningkatkan perhatiannya ketika dirangsang. Metode ini diklaim telah membantu pasangan yang memiliki masalah seperti kecemasan, ejakulasi dini, sulit orgasme dan disfungsi ereksi.

Manfaat dari latihan ini adalah pasangan akan menemukan sentuhan baru, sensasi geli di tulang belakang, meningkatkan kenyamanan akan kedekatan fisik, serta meningkatkan pemahaman yang lebih baik terhadap tubuh pasangan dan diri sendiri. Selain itu, latihan ini juga dapat membantu pasangan mempererat hubungan, memperbaiki komunikasi seks dan meningkatkan gairah seksual.

"Dengan latihan tanpa tuntutan ini, pasangan tidak menjadikan seks sebagai tujuan, namun menikmati pengalaman satu sama lain, menyentuh dan merasakan tubuh masing-masing," kata Yvonne K. Fulbright, pendidik seks, pakar hubungan dan pendiri Sexuality Source Inc. seperti dilansir Mid-Day.com, Kamis (7/6/2012).

Aktifitas yang terstruktur ini lebih menekankan pada kontak fisik secara maksimal tanpa mencoba untuk membangkitkan gairah satu sama lain dan tidak boleh boleh disalahartikan sebagai bentuk foreplay karena merupakan pengalaman yang tersendiri. Metode ini dilakukan dalam beberapa tahap dari waktu ke waktu.

"Metode ini tidak hanya meredakan kecemasan dan gangguan yang memicu kesulitan seksual, tetapi juga menawarkan kesadaran yang lebih besar dari berbagai rangsangan yang mencakup semua indera," kata Fulbright.

Dalam sensate-focused sex, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. Payudara dan alat kelamin dilarang untuk disentuh untuk beberapa sesi pertama.
2. Umpan balik verbal terbatas kecuali jika merasa tidak nyaman atau kesakitan.
3. Jangan mencoba untuk mendapatkan respons seksual, tapi jangan cemas jika itu terjadi.
4. Setelah setiap sesi, pastikan untuk membicarakan pengalaman yang baru saja dialami.

Dalam melakukan metode ini, sisihkan waktu sedikitnya 60 menit tanpa gangguan di kamar tidur yang hangat dan dapat diiringi alunan musik yang menenangkan serta diterangi cahaya lilin.

"Sensate-focused sex dapat membangun cara baru dalam berhubungan satu sama lain dan pasangan dapat menemukan cara terbaik untuk menikmati seks dalam hidupnya," kata Fulbright.


sumber : health.detik.com/read/2012/06/07/195818/1935757/763/terapi-baru-agar-tak-pernah-bosan-bercinta

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar