Jajan Otak-Otak Terenak di Toko Binatu

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/06/18/933/slbinatuanctt.jpg
Jakarta - Toko binatu yang satu ini memang unik karena justru lebih dikenal sebagai penjual otak-otak dan kelapa muda. Otak-otaknya gendut mengepul hangat dengan citarasa ikan yang sangat kuat. Ditambah seruputan es kelapa muda sueger wah... makin bikin ketagihan!

Siapapun yang pertama kali melihat nama rumah makan ini pastilah bingung. Penjual otak-otak kok memakai nama toko binatu atau laundry? Sebenarnya jual otak-otak atau toko binatu? Hehe... Tapi ternyata jika ditelusuri sejarahnya pemakaian nama tersebut bukan sembarangan, sebab bagi sang pemilik nama tersebut memiliki makna tersendiri.

Pertama kali berdiri Otak-Otak Special Binatu "AN" yang berlokasi di Jl. A M. Sangaji sebenarnya merupakan sebuah toko binatu. Namun di depan tokonya sang pemilik juga menyambi berjualan otak-otak dan kelapa muda. Tanpa disangka justru si otak-otak terjual laris-manis, dan hingga kini sang pemilik masih mempertahankan nama Binatu "AN" tersebut. Setelah puluhan tahun dan telah berganti generasi, Otak-Otak Special Binatu "AN" telah tersohor sebagai salah satu penjual otak-otak terenak di Jakarta.

Kangen dengan otak-otak Binatu "AN" membuat saya kemarin sengaja pergi menyambangi cabang terbarunya yang terletak di Jl. Ratu Kemuning, Jakarta Barat. Di sepanjang jalan ini ramai sekali penjual makanan, mulai dari restoran seafood, shabu-shabu, chinese food, hingga aneka pedagang kaki lima yang makin banyak bermunculan di waktu malam.

Sebenarnya cabang Binatu "AN" yang satu ini merupakan pindahan dari cabang mereka di Tanjung Duren. Tetapi disini tempatnya lebih luas, bersih dan nyaman untuk bersantap berlama-lama. Di bagian depan ada jejeran buah kelapa utuh yang jadi ciri khas Binatu "AN", lengkap dengan area khusus untuk membakar si otak-otak.

Bagian dalamnya ber-AC dengan jejeran meja-meja yang merapat ke sisi kiri dan kanan dinding. Di tiap meja ada sebotol bumbu kacang dari botol kaca transparan, sebotol sambal, dan juga kecap. Secarik kertas mungil di atas meja berisikan aneka menu yang ditawarkan di sini. Tampaknya sang pemilik makin mengembangkan menu-menunya sebab kini mereka juga menjual aneka mi, bihun, kwetiaw, bakso sapi/ikan/cumi, Cakwe, Nasi Tim Ayam, Pempek, dan Rujak Juhi.

Otak-otak dijual satuan dan kini harganya merangkak naik menjadi Rp 5000,00. Selain itu saya juga memesan seporsi bakso ikan plus segelas es kelapa muda ukuran kecil. Untuk minumnya selain kelapa muda, ada kopyor, kelapa hijau dan kelapa lilin yang juga jadi favorit pengunjung.

Semangkok bakso ikan dan segelas es kelapa muda berembun disajikan terlebih dahulu. Sedangkan si otak-otak tampaknya masih dibakar di luar. Bakso ikan ini terdiri dari 5 butir bakso ikan berwarna putih, teksturnya kenyal dengan rasa ikan yang kuat. Kuahnya yang bening kekuningan dengan taburan kucai memberikan sensasi gurih-gurih enak. O ya, saya pun ada cara lain menikmati si bakso ikan ini, yaitu dengan dicocolkan ke bumbu kacang. Rasanya? Nyam.. nyam enak juga loh!

Akhirnya sepiring otak-otak tiba di meja saya. Wah, otak-otaknya masih hangat dengan balutan daun pisang yang sedikit gosong bagian permukaannya. Saat disobek dengan tangan, tampak otak-otak gendut berukuran sekitar 10-15 cm - cukup besar - sebanding dengan harganya. Bumbu kacangnya memang sengaja tampil polos dengan gerusan kacang yang halus. Sehingga sebelum makan tampaknya saya harus meracik dulu bumbu kacangnya dengan menambahkan sedikit kecap dan sambal lalu diaduk rata.

Saat otak-otak dicocolkan ke bumbu kacang nyam nyam... rasanya memang dahsyat enaknya! Perpaduan gurihnya ikan tenggiri dan kenyalnya tekstur otak-otak serasi dengan bumbu kacang yang gurih pedas dengan sedikit semburat asam jeruk limau. Mulut pun jadi tak bisa berhenti mengunyah. Sesekali rasa pedas saya hentikan dengan menghirup es kelapa muda segar yang saya tebus seharga Rp 13.000,00. Buat penyuka otak-otak mampir ke Binatu "AN" aja! Bisa jajan otak-otak enak tanpa harus mencucikan baju lho!
sumber: /food.detik.com/read/2012/06/18/104404/1943715/933/jajan-otak-otak-terenak-di-toko-binatu?d992201933

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar