Kuasai Dunia, Jangan Jadi PNS

Bookmark and Share

http://media.vivanews.com/thumbs2/2008/12/06/60513_seleksi_calon_pns_300_225.jpg

VIVAnews - Meski menjadi pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi impian sebagian besar masyarakat di tanah air, tapi tak demikian dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar.

Menteri yang banyak berhubungan dengan urusan para abdi negara ini justru mengimbau generasi muda agar tak lagi berorientasi menjadi PNS. Jika ingin menguasai dunia, menjadi pengusaha adalah pilihan terbaik.

''Pertumbuhan wisatawan yang terus meningkat ini harus bisa dimanfaatkan pemuda Yogyakarta, untuk meningkatkan taraf hidup. Sehingga tidak mengandalkan pola pikir menjadi PNS, demi mendapatkan kehidupan yang layak,'' kata Azwar di Yogyakarta, Minggu, 24 Juni 2012

Menurut Azwar, seorang pengusaha sukses, bisa berkunjung dan membuka usaha dimanapun yang disukainya. Sementara menjadi seorang PNS, jelas tidak bisa menguasai dunia.

Peluang generasi muda Yogyakarta menjadi pengusaha juga dinilai terbuka lebar. Sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta selalu dipadati wisatawan asing dan lokal di setiap akhir pekan atau libur panjang.

Berdasarkan catatan yang ada, pertumbuhan wisatawan di Yogyakarta mencapai sekitar 20 ribu wisatawan dalam satu bulan. Pertumbuhan ini dianggap cukup bagus bagi dunia usaha. Apalagi pangsa pasar wisatawan yang besar ini belum dikelola secara baik.

Menjadi wirausahawan, ujar Azwar, bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti penyedia jasa pemandu wisata, jasa wisata dan lain sebagainya. Pendapatan mereka juga dianggap akan lebih tinggi dibandingkan menjadi PNS.

Azwar mengaku, dirinya tidak pernah menganjurkan anak-anaknya untuk menjadi PNS. Dirinya berupaya mengarahkan keluargnya untuk menjadi wirausahawan muda yang tangguh demi membangun perekonomian di sekitar tempat tinggal mereka.

Bahkan, Azwar yang pernah menjadi PNS di Departemen (sekarang Kementerian) Pekerjaan Umum, memilih mengundurkan diri dan memilih menjadi pengusaha.

Menurutnya, suatu negara bisa maju jika sebagian besar penduduknya adalah pengusaha. Baik dari sektor hilir hingga hulu. "Inilah yang mendorong pergerakan ekonomi di setiap daerah,'' pungkasnya (adi)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar