Meriahnya Kompetisi Perahu Naga di Yogya

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2009/05/28/71329_lomba_perahu_naga_di_bendung_tegal__bantul_300_225.jpg
VIVAnews - Dalam rangka perayaan Peh Cun, komunitas Tionghoa Yogyakarta menggelar lomba perahu naga di Bendung Tegal, Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, hari ini, Minggu, 24 Juni 2012.

Perayaan berlangsung meriah. Ribuan warga berkumpul di sepanjang jalur yang dilalui. Mereka sangat terhibur, bahkan tak segan meneriakkan kata-kata penyemangat sembari bertepuk tangan kepada para peserta lomba.

Sebanyak 17 peserta berpartisipasi dalam lomba tersebut. Mereka datang dari sejumlah kota di antaranya: Yogyakarta, Bantul, Jepara, Purworejo, Kebumen, Cilacap, dan Magelang. Bertarung dari pagi hingga petang.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Sri Paduka Paku Alam IX, berharap acara ini bisa menarik semakin banyak wisatawan untuk datang ke Yogyakarta, khususnya Bantul.

“Lomba perahu naga ini akan menjadi acara tahunan yang diharapkan dapat menjadi alternatif baru wisata di Yogyakarta,” ujarnya. "Kalau sekarang pesertanya hanya dari seputar Pulau Jawa, tahun mendatang kalau bisa pesertanya juga ada yang datang dari luar Jawa."

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo, menyatakan, perayaan Peh Cun ini digelar rutin setiap tahun di Pantai Parangtritis, tepatnya di kawasan Mancingan Baru. “Lomba perahu naga ini telah menjadi salah satu event pariwisata di Kabupaten Bantul yang dilakukan setiap tahun sekali,” ujarnya. (adi)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar