Profil Pengganti Guardiola, Tito Vilanova

Bookmark and Share

http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/04/27/152783_josep-guardiola--kanan--dan-tito-vilanova_641_452.jpg
VIVAbola - Barcelona gerak cepat dengan menunjuk Tito Vilanova yang akan menggantikan posisi Pep Guardiola sebagai manajer pada musim depan. Penunjukan ini disampaikan langsung oleh Presiden Barca, Sandro Rosell dalam jumpa pers keputusan mundur Guardiola, Jumat, 27 April 2012.Nama Vilanova memang tidak begitu tenar. Nama pelatih berusia 41 tahun ini baru populer saat ia terlibat pertikaian dengan manajer Real Madrid, Jose Mourinho di sebuah laga El Clasico. Namun sosok Vilanova dianggap layak menempati kursi manajer karena dia selama empat musim setia menjadi asisten pelatih mendampingi Guardiola.

Pelatih bernama lengkap Francesc Vilanova ini merupakan mantan pemain binaan Barca pada musim 1984. Setelah empat tahun bergabung bersama akademi sepakbola Barca, pelatih yang biasa disapa Tito naik tingkat dengan masuk ke skuad Barcelona B pada tahun 1988. Namun, ia kalah bersaing dengan pemain binaan Barca lainnya.

Alhasil, setelah mencicipi skuad Barca B selama dua musim, Tito melanglanglang buana dengan memperkuat sejumlah tim papan bawah seperti Figueres, Celta, Badajoz, Mallorca, Lleida, Elche dan Gramenet. Setelah berkelana selama 20 tahun, pada 2002 ia pun memutuskan untuk pensiun.

Kariernya yang kurang cemerlang saat menjadi pemain berubah saat ia mencoba melakoni posisi pelatih. Setelah sempat bekerja sebagai Direktur Olahraga klub Terrassa, Vilanova memulai pengalaman melatih pada musim 2007 dengan menjadi asisten pelatih Barcelona B mendampingi Pep Guardiola.

Seiring pengangkatan Guardiola untuk menggantikan Frank Rijkard sebagai manajer tim Barcelona pada musim panas 2008, Vilanova juga diajak naik tingkat untuk kembali mendampingi Guardiola membesut Carles Puyol Cs. Posisinya tersebut bertahan hingga saat ini, atau empat musim lamanya.

Dan musim depan, Vilanova bakal naik tingkat menjadi manajer untuk menggantikan Guardiola yang memilih mengundurkan diri akhir musim ini. penunjukan ini langsung diumumkan oleh manajemen Barcelona. (umi)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar