Impian Gita untuk Perekonomian Indonesia

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/01/04/138669_kunjungan-menteri-perdagangan-gita-wirjawan_300_225.jpg

VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meyakini pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia dapat meningkat pesat dan mencapai US$9 triliun. Secara akumulasi, selama 2010-2030, PDB akan mencapai US$63 triliun.

"Kami berasumsi 30 persen PDB disokong dari investasi," kata Gita Wirjawan dalam acara seminar di Jakarta, Rabu 11 April 2012.

Dia percaya belanja modal Indonesia dapat tumbuh hingga US$18 triliun pada 20 tahun mendatang. Kondisi itu merupakan 30 persen dari akumulasi PDB Indonesia. Dengan begitu, nilai total perdagangan Indonesia dapat mencapai US$30 triliun.

"Jika bisa mengaktualisasikan ini, akan meningkatkan peringkat Indonesia menjadi AAA. Kami mempunyai kesempatan menjadi kreditor bagi negara lain," katanya.

Gita menjelaskan, majalah ekonomi terkemuka, The Economist menjuluki Indonesia sebagai ekonomi Komodo yang kokoh dan cepat dalam mengatasi krisis yang terjadi pada 2008. Bahkan, ekonom dunia, Profesor Nouriel Roubini, mengatakan Indonesia berpotensi tumbuh pesat ke depan.

Indikator ekonomi Indonesia menunjukkan 60 persen PDB disumbang dari konsumsi domestik, sehingga hal ini menjamin Indonesia tidak akan terpengaruh dari krisis Eropa dan Amerika Serikat. (art)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar