Kisah Mahasiswa Indonesia di Negeri Belanda

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2009/06/15/72145_negeri_van_oranje_300_225.jpg

VIVAnews - Mendapat kesempatan untuk menuntut ilmu di negeri seberang mungkin adalah impian banyak orang. Banyak orang menginginkan kesempatan itu karena membayangkan kemudahan dan keindahan hidup di negara-negara maju. Sekolah yang modern, ilmu pengetahuan mutakhir, teknologi canggih, kerja sambilan ringan dengan gaji tinggi sambil berwisata, sungguh merupakan hal-hal yang layak diidamkan.

Novel Negeri Van Oranje membenarkan bayangan di atas. Novel ini menceritakan kehidupan lima pelajar Indonesia, Lintang, Banjar, Wicak, Daus dan Geri, yang menempuh studi S2 di Belanda dengan segala dinamika dan romantika hidupnya. Betapa para mahasiswa yang baru tiba ini dengan gegap gempita menyambut akses internet yang sangat cepat dan bisa didapatkan di mana saja. Perpustakaan kampus yang nyaman dan super lengkap, berjalan-jalan ke luar negeri cukup naik kereta, kerja sambilan dengan gaji yang sangat lumayan, interaksi dengan mahasiswa dari berbagai negara dan berbagai kebahagiaan serta kenyamanan lain.

Namun di sisi lain Negeri Van Oranje juga membuka mata kita terhadap berbagai tantangan yang dihadapi saat berada di negeri orang, khususnya Belanda. Perbedaan budaya yang sangat besar, mulai dari masalah cipika-cipiki sampai dengan kebiasaan pesta yang salah-salah bisa membuat kantong kempis. Urusan legalitas yang cukup rumit mulai awal kedatangan sampai pengurusan dokumen sebagai syarat mencari kerja. Mencari tempat tinggal yang sesuai pun juga menjadi tantangan yang cukup berat.

Negeri Van Oranje mengisahkan segala kebahagiaan dan kesulitan bersekolah di Belanda dengan sangat lengkap. Membacanya, membuat kita merasa sedang membaca buku panduan hidup di Belanda yang dikemas dalam bentuk novel. Penggambaran kota-kota di Belanda dengan segala keistimewaannya. Cerita tentang cultural event yang digelar di sana, dikemas dengan apik dan penuh humor menyegarkan khas mahasiswa Indonesia, mewarnai alur cerita novel ini.

Di samping kisah roman para tokoh-nya yang agak klise dan mudah tertebak, Negeri Van Oranje sangat menyenangkan untuk dibaca dan sangat bermanfaat bagi para pelajar atau pekerja yang akan mengadu nasib di Belanda. Terutama karena tips dan trik dalam menghadapi permasalahan hidup di Belanda yang disajikan di tiap akhir bab.

Judul : Negeri van Oranje
Pengarang : Wahyudiningrat, Adept Lenggana, Nisa Riyado, Rizki Pandu Permana
Penerbit : Bentang
Terbit : April 2009
Tebal : 471 halaman

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar