Sop Gangan, Masakan Unik Belitung

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/04/22/1808091620X310.jpg

KOMPAS.com — Masakan ikan sangat digemari masyarakat Kepulauan Bangka-Belitung. Apalagi sop ikan gangan yang menjadi menu unik khas Belitung. Kalau Anda sedang berwisata kuliner di "Pulau Laskar Pelangi" ini, cobalah sop gangan, masakan ikan dengan kuah berwarna kuning kunyit yang terasa segar dengan bumbu asam dan pedas.

Sop gangan dimasak dari ikan laut segar. Bisa dipilih ikan merah, ikan ketarap, atau ikan bulat. Daging ikannya cocok untuk bahan sop karena cepat empuk jika direbus.

Bumbu sop gangan adalah kunyit, asam, jahe, dan sereh yang dihaluskan. Syaratnya, langsung dimasukkan ke rebusan potongan ikan segar. Memasak sop gangan harus dalam keadaan segar. Jadi tidak boleh dipanaskan lagi, harus langsung disajikan agar rasanya tidak berubah. Sop ini tidak mengandung minyak karena dimasak dengan rebusan air. Bumbunya tidak boleh ditumis.

Hampir semua restoran seafood di Belitung menyediakan sop gangan. Tidak sulit mencari menu sop gangan di "Pulau Timah" ini. Makanan khas daerah ini sudah melegenda untuk menjadi makanan pembuka tamu-tamu yang datang dari luar kota.

Penulis mencoba makan sop gangan di Restoran Sari Dini, Manggar, Belitung Timur. Rasanya pas sekali di lidah. Dari kuahnya yang berwarna kekuningan terasa campuran asam, pedas, dan gurih ikan yang lemaknya keluar. Lokasi Restoran Sari Dini di sebelah danau di pusat kota Manggar semakin strategis untuk didatangi wisatawan. Di sini juga disediakan saung terapung di pinggiran danau.

Sop gangan dihidangkan dalam keadaan panas. Beberapa potong ikannya terendam kuah kuning yang mengepulkan asap tipis. Kami langsung menyantap sop gangan yang menebarkan aroma segar dan wangi kunyit. Warna daging ikannya menjadi kekuningan karena rebusan bumbu, menarik hati untuk segera dicicipi.

Wow, segar sekali rasanya, cocok untuk menu pembuka makan siang. Rasa gurih kuah dari ikan dan asam pedas mengalir di lidah. Apalagi jam makan siang sudah lewat. Suguhan sop gangan pun langsung disantap sampai habis.

Harga satu porsi kecil sop gangan yang berisi sepotong ikan Rp 10.000. Sementara porsi besar yang berisi satu ekor ikan Rp 60.000, bisa untuk enam orang. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar