Aplikasi Baru Facebook Camera Mirip Instagram

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/05/25/156180_aplikasi-facebook-camera_300_225.jpg

VIVAnews - Jejaring Facebook merilis Facebook Camera untuk iOS. Aplikasi ini hanya diberikan kepada negara berbahasa Inggris terlebih dulu. Produk baru ini memberikan pengalaman pengguna yang serupa dengan Instagram. Apakah pengembangan aplikasi ini menjadi alasan akuisisi Instagram?

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim foto Facebook tanpa bantuan Instagram. Saat pengembangan, kesepakatan akuisisi aplikasi mobile itu belum tercapai. Menurut TechCrunch, Facebook Camera dapat mempercepat penerbitan foto.

Anda bisa memotret, mengedit dengan menambahkan filter, dan membagi foto satu atau semua foto dengan aplikasi Facebook Camera. Anda juga bisa melihat koleksi foto yang diunggah ke Facebook oleh teman Anda.

Facebook Camera dengan cepat dapat memilih satu atau beberapa foto untuk dipasang filter, di-tag kepada teman, ditandai lokasinya, dibubuhi deskripsi, dan dimuat. Aplikasi ini memiliki 14 filter, kendati desain antarmukanya tidak sebagus Instagram. Foto yang dihasilkannya pun masih kalah cantik.

"Seperti penjelasan Mark, kami berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Instagram secara independen. Jadi, Facebook mengantisipasi kompetisi yang sehat," ujar juru bicara Facebook menanggapi dugaan Instagram diakuisisi untuk menghindari kompetisi dengan Facebook Camera.

Facebook Camera akan dapat diunduh seluruh dunia setelah Facebook menerjemahkannya selama beberapa bulan. Facebook belum mau memberikan komentar untuk peluncuran versi Android, BlackBerry, dan Windows Phone.

"Kami tidak mengomentari prediksi produk. Kami sangat berhati-hati dalam memberikan pengalaman penggunaan aplikasi foto Facebook Camera untuk lintas platform," imbuhnya.

Facebook telah merilis tiga aplikasi untuk penggunanya; aplikasi mobile resmi, Facebook Messenger, dan kini ditambah Facebook Camera. Anda bisa memilih aplikasi untuk dimuat pada halaman rumah smartphone.

Antarmuka aplikasi ini memuat tombol kamera untuk memotret foto baru seperti tombol tengah Instagram. Anda dapat mengakses cepat foto yang telah dipotret untuk diunggah instan.

Serupa Instagram, halaman awal menampilkan foto-foto yang diunggah teman Anda. Foto yang Anda muat dan hasil tag juga muncul. Pembaruan foto-foto yang tampil akan berlangsung otomatis.

Pengalaman Facebook untuk saling mengomentari dan membubuhkan jempol "like" juga dibawa ke Facebook Camera. Penjelajahan foto juga berlangsung mulus. Foto ini hanya tersedia dalam mode potrait atau vertikal. Pada pengambilan gambar landscape atau horizontal, bagian pinggir kotak akan terpotong. Tapi, Anda hanya perlu klik gambar untuk memperbesar foto hingga terlihat penuh di layar.

Aplikasi foto Facebook Camera bisa diunduh di sini. Tapi, belum dibuka resmi untuk Indonesia. (umi)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar