Ulat Grayak/Tentara pada Padi

Bookmark and Share
Hama ini dinamakan ulat grayak atau tentara oleh karena mempunyai sifat merusak tanaman secara bergerombol dan berpindah tempat pun secara serentak. Ngengat dewasa aktif pada malam hari, pada saat tersebut serangga dewasa makan, berkopulasi dan bermigrasi. Pada siang hari ngengat beristirahat di dasar tanaman. Hama ini sangat rakus pada stadia larva dan serangan dapat terjadi pada semua fase tumbuh tanaman padi, mulai dari pembibitan sampai fase pengisian bulir. Biasanya bagian tanaman padi yang diserang pada bagian daun dan batang. Cara merusaknya mula-mula ulat makan helai daun, dimulai dari ujung daun, hingga tinggal tulang daun dan batang. Sedangkan pada tanaman padi yang telah keluar malai, tangkai malai padi dipotong atau dirusak. Ulat tentara yang menyerang tanaman padi bisa dibedakan 3 macam yaitu : ulat tentara kelabu, ulat tentara coklat hitam dan ulat tentara bergaris kuning.

Bioekologi:

Telur:
Diletakkan secara berkelompok pada permukaan bawah daun padi atau rerumputan rata-rata 100 butir. Telur ditutupi sisik berwarna kelabu.

Larva:
Larva yang baru menetas sangat aktif bergerak sambil makan dengan cara meraut bagian hijau daun pada ujung daun dan beristirahat pada tepi daun muda yang digulung sehingga tidak mudah ditemukan.
Larva menggulungkan diri pada tanaman dengan benang sutra, dalam keadaan istirahat larva membentuk huruf C, stadium larva 22 hari, terdiri 5 instar.

Pupa:
Pupa terbentuk didalam tanah, pada lahan sawah lembab atau diantara rerumputan sekitarnya,

Imago:
Berwarna hitam kelabu, sayap depan berwarna coklat kelabu dilengkapi bercak coklat gelap dan kuning gelap dan satu garis kelabu dekat pinggir bercak. Selain makan daun, juga memotong pangkal batang tanaman muda dan tangkai malai.
Kerusakan berat biasanya terjadi setelah periode kering yang cukup lama yang diikuti hujan besar.

Cara Pengendalian:
Persemaian jauh dari areal yang banyak rerumputan
Sanitasi persemaian
Penggenangan persemaian
Persemaian yang sudah terserang sebaiknya digenangi air.
Bila diperlukan gunakan insektisida yang berbahan aktif BPMC atau karbofuran.
.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar