Gempa 5,6 SR Guncang Ibukota Bulgaria

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/05/20/155471_gempa-6-sr-mengguncang-finale-emilia--italia_300_225.jpg

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang ibukota Bulgaria, Sofia, hari ini pukul 03.00 waktu setempat. Penduduk yang panik berlarian ke jalan. Namun, pihak berwenang hingga pagi waktu setempat belum menerima laporan adanya korban jiwa maupun kerusakan materi.

Kantor berita Reuters Selasa 22 Mei 2012 melaporkan, titik pusat gempa berada 22 kilometer di sebelah barat Sofia. Lembaga US Geological Survey mencatat, kedalaman gempa terhitung dangkal, yaitu 9,3 kilometer.

Sementara itu, kantor pertahanan sipil mengatakan, episentrum gempa berada di dekat kota Pernik, Bulgaria barat. Di sini, getaran gempa dirasa cukup kuat, bahkan dapat dirasakan oleh penduduk di barat daya Bulgaria.

"Gempa menyebabkan cerobong-cerobong asap serta rumah-rumah tua ambruk," kata Walikota Pernik, Rositsa Yanakieva. Sedikitnya 30 warga Pernik mencari pertolongan medis, kebanyakan mengeluhkan tekanan darahnya naik saat gempa.

Di Sofia, penduduk yang panik keluar dari rumah mereka dan memilih untuk berada di jalanan.

Bulgaria adalah negara Eropa bagian timur yang berlokasi di dekat Laut Hitam dan berpenduduk delapan juta jiwa. Secara geografis, negara ini terletak di kawasan Balkan, yang cukup rawan gempa bumi.

Gempa di Bulgaria ini terjadi beberapa hari setelah suatu kawasan di Italia, tepatnya di Kota Finale Emilia, mengalami peristiwa alam yang serupa akhir pekan lalu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar