TKI Ini Diperkosa di Malaysia dan Indonesia

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2011/12/15/136246_ilustrasi-perkosaan_300_225.JPG
VIVAnews - Peribahasa "keluar kandang macan, masuk kandang singa" agaknya tepat disandang perempuan malang asal Kalimantan Barat yang dikenal dengan inisial SA. Bekerja di Malaysia, SA diperkosa majikannya hingga hamil. Di Indonesia tidak lebih baik, dia kembali jadi korban lelaki bejat.

Direktur Yayasan Nanda Dian Nusantara Pontianak, Devi Tiomana, mengatakan bahwa SA ditemukan di daerah Surade, Sukabumi, awal tahun ini. Tanpa identitas apa pun, wanita 34 tahun ini mengaku diperkosa.
Dalam keadaan linglung, SA ditemukan bersama dua anak kembarnya yang baru berusia tiga bulan. Dua anaknya ini adalah hasil dari pemerkosaan yang dilakukan majikan kepadanya. Di kampung halamannya di Kecamatan Rasau Jaya, Kalimantan Barat, SA telah dinyatakan hilang sejak 11 tahun lalu.

"Korban mengakui juga telah diperkosa di daerah Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Tragis, setelah diperkosa di Malaysia, di Jawa Barat juga malah diperkosa. Setelah ditemukan lima bulan lalu, SA diselamatkan ke Jakarta,“ kata Devi, Jumat, 4 Mei 2012.

Di Jakarta, SA menjalani perawatan atas trauma yang dialaminya. Devi menjelaskan, saat ini lembaganya masih menyelidiki siapa majikan SA di Malaysia. Ini diakuinya sulit, karena SA tidak tahu pasti siapa nama majikannya tersebut.

"Yang terpenting sekarang adalah proses reunifikasi dengan suami dan anaknya bisa terwujud. Pihak keluarga SA meminta agar kasusnya ini diproses hukum," ujar Devi.

SA juga tidak tahu siapa yang memperkosanya di Sukabumi. Hingga kini, kasusnya masih dalam proses penyelidikan kepolisian setempat. Misteri lainnya adalah, bagaimana SA bisa sampai berada di Sukabumi.

“Kami menduga SA bisa sampai di Kecamatan Surade, karena pada saat itu terpisah dengan rombongan besarnya saat pemulangan TKI ilegal di Malaysia," tuturnya.
"Bukannya ke Kalimantan, SA malah sampai ke Jakarta. Kemungkinan besar dia menjadi korban mafia TKI, dan kemungkinan juga dia sengaja dipisahkan," kata Devi. Penyelidikan masalah ini juga masih terus berlanjut. (art)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar