Bupati: Pemrotes Gua Maria dari Luar DIY

Bookmark and Share
http://media.vivanews.com/thumbs2/2011/12/16/136450_patung-bunda-maria-di-gua-maria--karanganyar--dirusak_300_225.jpg
VIVAnews - Bupati Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Badingah, menyatakan masyarakat Gunung Kidul saat ini dalam keadaan tenang-tenang saja. Ketegangan sosial terkait pembangunan Gua Maria di Kecamatan Gedangsari, menurut dia justru muncul dari masyarakat di luar Gunung Kidul, seperti dari Klaten dan Solo.

“Masyarakat Gunung Kidul tenang-tenang saja dengan pembangunan Gua Maria tersebut,” katanya, Selasa 8 Mei 2012.

Menurut Badingah, insiden yang terjadi kemarin bukan berupa penghadangan apalagi perusakan. "Kemarin itu ada acara pengajian akbar yang diadakan oleh masyarakat dan berjalan dengan baik," katanya. Lalu, ketika pengajian usai, sebagian peserta melewati lokasi gua itu.

Badingah menyatakan, meski pembangunan Gua Maria belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan, masyarakat setempat mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan persoalan itu. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul berpegang pada peraturan bahwa untuk pembangunan Gua Maria, IMB harus ada dulu.

"Apakah pembangunan itu mau dipakai untuk tempat ibadah atau wisata rohani, akan kami lihat. Semua ada prosesnya. Untuk pengajuan IMB rumah ibadah harus ada rekomendasi dari Forum Komunikasi Umat Beragama, Kementerian Agama, dan yang lain-lain," kata Badingah.

"Sebelumnya kami dari pemerintah daerah sempat duduk satu meja dengan panitia pembangunan Gua Maria dan panitia tabligh akbar, TNI, kepolisian, BIN, dan lain-lain. Dan sudah ada komitmen masing-masing akan menghargai dan menghormati,'' katanya.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X juga menyatakan tidak ada masalah di Kabupaten Gunung Kidul. Keramaian itu, kata Sultan, hanya di Twitter saja. "Katanya ada patung yang dirobohkan, ternyata tidak ada."

Sultan menyatakan ada yang tidak senang bila suasana Yogyakarta kondusif. Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat di luar DIY supaya tidak membuat kekacauan di wilayah ini. (kd)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar