Bangun Rel Ganda Lintas Utara, Pemerintah Kekurangan Dana

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20120105_Jalur_Kereta_Lintas_Sumatera.jpg
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk membangun jalur kerata api ganda di lintas Utara Jawa, pemerintah membutuhkan dana Rp9,8 triliun. Namun sampai saat ini, Pemerintah hanya memiliki dana investasi sebesar Rp3,75 triliun untuk pembangunan jalur ganda kereta api lintas Utara Jawa pada tahun 2012.
"Untuk tahun ini dana yang kita miliki bangun jalur kereta api ganda sebesar Rp 3,75 triliun, sisanya kami belum ada dananya," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan di Hotel Millenium, Senin (7/5/2012).
Dengan adanya kereta api jalur ganda nantinya akan mempercepat waktu tempuh. Selain itu pembangunan jalur ganda ini untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan meningkatkan kapasitas lintas jalur kereta api dari 64 KA per hari menjadi 200 KA per hari
Dalam pemaparannya Tundjung menjelaskan, pembangunan jalur ganda lintas Utara Jawa dalam rute Cirebon-Brebes dengan panjang 62 km, Pekalongan-Semarang sepanjang 90 km, Semarang-Bojonegoro sepanjang 175 km, dan Bojonegoro-Surabaya sepanjang 105 km.
Selanjutnya untuk pembangunan jalur ganda Cirebon-Brebes menghabiskan dana sebesar Rp 1,2 triliun, Pekalongan-Semarang total 2,1 triliun, Semarang-Bojonegoro 4,6 triliun, dan Bojonegoro-Surabaya dengan total biaya 1,9 triliun.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar