Alamak, "The Scream" Terjual 120 Juta Dolar AS!

Bookmark and Share
NEW YORK, KOMPAS.com--Maha karya seniman ekspresionis asal Norwegia, Edvard Munch, yang berjudul "The Scream" terjual dengan harga hampir 120 juta dolar AS di balai lelang Sotheby pada Rabu (2/5), sekaligus mencatatkan rekor baru sebagai karya seni termahal yang terjual dalam lelang.
Sebelumnya lukisan yang dibuat tahun 1893 itu diperkirakan terjual seharga 80 juta dolar AS namun kemudian ada dua pembeli yang menawar melalui telepon dan membuat karya itu terjual sekitar 119,9 juta dolar AS termasuk komisi setelah perang penawaran selama 15 menit.
Sorak sorai dan tepuk tangan meledak di ruang penjualan balai lelang itu saat palu diketukkan dan para petugas Sotheby mengatakan penjualan itu menandai titik tertinggi karir dalam mereka.
Namun tidak diketahui siapa pembeli yang menawar dengan harga tertinggi dalam lelang benda seni di Sotheby tersebut, demikian menurut laporan dalam laman Kantor Berita Reuters.
Dalam dekade terakhir, "The Scream" yang melukiskan gambar dengan tangan menekan kepala dengan latar pusaran warna sudah ada di mana-mana, dari cangkir kopi sampai tajuk rencana kartun.
Bagi para pecinta seni utama, lukisan itu mungkin berada pada urutan kedua dalam ketenaran setelah "Mona Lisa."

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar