Flu Singapura Serang Balikpapan

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Kasus Flu Singapura ditemukan di Balikpapan beberapa hari belakangan ini. Hal ini dibenarkan Kepala Pemberantasan Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kota (DKK), Esther Vonny Kristianti, Rabu (28/3/2012).

Menurut Vonny, DKK telah menerima beberapa laporan dari Puskesmas terkait kasus yang menyerupai Flu Singapura. "Ada beberapa laporan yang masuk dari puskesmas. Diduga itu Flu Singapura, karena gejalanya mirip," ujar Vonny.

Flu Singapura juga dikenal sebagai penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM). Penyakit yang memiliki gejala layaknya flu yakni demam dan disertai penurunan nafsu makan ini disebabkan Virus Picornaviridae. Berbeda dengan flu pada umumnya, Flu Singapura menunjukkan gejala fisik yang tampak seperti muncul luka mirip sariawan di bibir, kulit tangan dan kaki melepuh.

Vonny menjelaskan, Flu Singapura berbahaya jika disertai komplikasi dengan penyakit lain. "Karena pada saat terserang Flu Singapura tentu daya tahan tubuh menurun, dan pasti mudah terjangkit penyakit lainnya," jelas Vonny.

Guna meminimalisir penyebaran penyakit yang disebabkan kontak langsung dengan penderita tersebut, Vonny meminta masyarakat untuk membiasakan pola hidup higienis. "Penyakit ini menular akibat kontak langsung dengan luka pada penderita. Untuk itu bagi yang merawat, setelah merawat harus cuci tangan," imbuhnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar