4 Cara Agar Latihan Aerobik Tidak Membosankan

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/03/07/766/aerobik2tsdlm.jpg
Jakarta, Aerobik adalah aktivitas fisik ringan yang dilakukan untuk membakar energi, contohnya jogging, berjalan cepat, bersepeda, atau berenang. Melakukan aerobik merupakan cara sehat agar tubuh tetap langsing dan meningkatkan kebugaran. Yang jadi kendala, kebanyakan orang terkadang tidak tahu bagaimana caranya untuk meningkatkan intensitas program aerobik yang telah dilakukan.

Agar dapat terus membuat kemajuan dalam rutinitas menyehatkan ini, beberapa cara-cara baru perlu dilakukan. Cara-cara ini dijamin dapat membuat latihan yang telah dilakukan saat ini jadi makin menantang.

Seperti dilansir 3fatchicks.com, Selasa (6/3/2012), berikut adalah 4 cara yang dapat dilakukan agar makin rajin melakukan aerobik.

1. Lewati Jalur tanjakan
Salah satu cara paling sederhana namun efektif agar aerobik dilakukan lebih intens adalah dengan menambahkan tanjakan. Tanjakan tidak hanya membantu membuat jantung bekerja lebih keras, tetapi juga lebih banyak melibatkan otot-otot kaki sehingga kekuatan otot akan meningkat.

Ketika menambahkan jalur tanjakan dalam rutinitas aerobik, pastikan untuk memulainya secara perlahan dan bertahap. Penelitian telah menemukan bahwa dalam melakukan latihan aerobik, yang terbaik adalah meningkatkan jarak 10 persen setiap minggu untuk mencegah kelelahan atau cedera.

2. Meningkatkan Kecepatan
Cara mudah lainnya agar aerobik dapat lebih intens dilakukan adalah dengan meningkatkan kecepatan di mana berlari. Meningkatkan kecepatan dalam beraktivitas bisa dilakukan untuk setiap medan dan aktivitas apapun. Awali dengan meningkatkan kecepatan secara lambat, dan menjadi lebih cepat secara bertahap dan makin cepat.

3. Tambahkan Variasi
Olahragawan sering merasa puas dengan latihan kebugaran rutin yang dilakukan saat ini dan melakukannya secara berulang-ulang. Hal ini tak hanya dapat mengakibatkan kelelahan, tetapi tubuh yang makin lebih akrab dengan latihan fisik dapat mengurangi efektivitas aerobik.

Untuk menjaga agar otak dan tubuh tetap semangat berolahraga, cobalah mengganti rutinitas aerobik. Misalnya, dalam satu minggu melakukan jogging, minggu berikutnya bersepeda, dan minggu berikutnya berenang.

4. Menambah Beban Latihan
Menambah beban merupakan cara terbaik untuk membuat aerobik lebih menantang. Namun yang perlu diperhatikan, menambah beban dalam aerobik rutin dapat membatasi beberapa jenis aktivitas aerobik.

Ketika memilih bobot, ingatlah untuk selalu memulai dengan beban yang ringan dan bertambah secara bertahap. Menggunakan beban yang terlalu berat sejak awal dapat menyebabkan luka yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk pulih.
sumber : /health.detik.com/read/2012/03/07/082827/1859795/766/4-cara-agar-latihan-aerobik-tidak-membosankan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar