Senam Wajah untuk Usir Stres

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/03/28/766/senam-ts-dalam.jpg
Jakarta, Stres secara umum dianggap sebagai sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres. Misalnya, melakukan relaksasi, berbicara dengan seorang teman yang memberi dukungan, atau melakukan latihan fisik.

Setiap bentuk latihan fisik akan meningkatkan produksi bahan kimia alami yang membuat tubuh merasa baikan. Bahan kimia ini dikenal sebagai hormon endorfin. Berenang, berjalan, bersepeda, berjalan di udara segar, fitness atau olahraga lain akan membantu mengurangi stres.

Stres dapat merusak kulit lewat proses yang disebut glikasi protein. Proses glikasi protein terjadi ketika glukosa berlebih yang ada dalam tubuh berikatan dengan protein sehingga menyebabkan kulit rusak karena serat kolagen dan jaringan ikat lainnya ikut terpengaruh.

Stres kronis dapat mempengaruhi kulit dan memperburuk penampilan. Rasa cemas dan ketegangan tersirat di wajah dan stres dapat menyebabkan masalah kulit. Apabila ditambah dengan gangguan tidur, akan menghambat regenerasi dan perbaikan sel kulit dan dapat membuat kulit menjadi kusam dan pucat.

Seperti dilansir Facialexerciseguide.com, Rabu (28/3/2012) latihan otot wajah dapat membantu mengurangi stres. Otot yang tegang dapat menghambat aliran darah dan menyebabkan rasa sakit ringan di wajah. Garis halus tipis di sekitar mata adalah salah satu daerah yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda stres.

Senam wajah akan melatih otot orbicularis oculi yang mengelilingi seluruh mata.

Caranya sebagai berikut:

1. Duduk atau berbaring dengan nyaman
2. Letakkan telunjuk dan jari tengah di atas kerutan di sudut mata
3. Tutup mata dan pada saat yang sama tarik telunjuk tangan dari sudut mata ke arah luar
4. Tahan sampai hitungan ke 5
5. Ulangi 10 kali


Pengaruh stres juga bisa muncul di dahi, terutama jika sering mengerutkan kening. Latihan berikut akan membantu melemaskan dahi dan alis.

Bila dilakukan sambil duduk:

1. Duduk tegak dengan nyaman di kursi dan tutuplah mata
2. Letakkan satu atau dua jari di atas alis
3. Berikan tekanan lembut lewat jari
4. Sambil masih menekan, naikkan alis
5. Tahan alis sampai hitungan ke 5 kemudian lepaskan
6. Ulangi 10 kali

Bila dilakukan sambil tiduran:

1. Letakan kepala di tepi tempat tidur
2. Buka mata lebar-lebar dan naikkan alis setinggi mungkin
3. Tahan sampai hitungan ke 5
4. Lepaskan dan ulangi 10 kali

Selain dengan senam wajah, pijat bisa menjadi cara yang baik untuk bersantai dan meredakan ketegangan. Yoga juga efektif melepaskan emosi penyebab stres dan ketegangan dalam tubuh. Latihan peregangan tubuh akan membuat organ-organ dalam tubuh yang menegang menjadi lebih santai.
sumber : health.detik.com/read/2012/03/28/070209/1878383/766/senam-wajah-untuk-usir-stres

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar