Tomcat Serang Petani di Lamongan

Bookmark and Share
Lamongan - Serangga tomcat sudah mewabah di Lamongan. Saat ini serangga tomcat ditemukan di lahan persawahan milik warga. Akibatnya, warga yang kebanyakan petani mengalami luka melepuh dan gatal di kulitnya.

Serangan hama ini terjadi di Desa Menongo Kecamatan Sukodadi, Lamongan. Di Desa Menongo, tomcat ditemukan di areal persawahan warga yang sedang ditanami padi. Serangga ini berada di batang-batang padi yang sebentar lagi akan dipanen.

Di desa ini, setidaknya ada dua warga yang terkena serangan tomcat. Dua warga Desa Menongo yang terserang tomcat tersebut adalah Azis dan Sayit. mereka mengalami luka melepuh dan gatal-gatal.

Warga Desa Menongo, Azis mengatakan, pada musim panen seperti sekarang ini memang banyak ditemui serangga yang memiliki racun di tubuhnya ini. "Serangga Tomcat banyak ditemui di sawah," katanya.

Meski tidak merusak tanaman padi petani, namun kian berkembangnya serangga Tomcat ini ternyata membuat warga khawatir. Mereka yang kini sedang panen khawatir jika para petani terkena gigitan.

Sementara menurut Sayit, serangga tomcat yang ditemui warga di sawah menguntungkan petani. Pasalnya, serangga ini menjadi musuh alami hama wereng yang merugikan padi petani.

"Yang tidak mengenakkan ya seperti saya ini, punggung melepuh dan gatal-gatal terkena gigitannya," kata Sayit yang punggungnya melepuh terkena gigitan Tomcat.

Warga berharap, agar serangga tomcat yang ternyata sudah ditemukan di Lamongan ini bisa diatasi sehingga warga tidak dirugikan.

"Kami berharap pemerintah segera mengatasi masalah ini agar kami tidak was-was," pungkasnya.
sumber : /surabaya.detik.com/read/2012/03/22/141201/1874467/475/tomcat-serang-petani-di-lamongan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar