Lemak Jahat Bisa Bikin Orang Jadi Pemarah

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/03/16/763/junkmarah-ts-dalam.jpg
Jakarta, Asupan lemak terutama lemak trans atau lemak jahat tidak cuma bikin gemuk dan rentan kena penyakit jantung. Menurut penelitian, konsumsi lemak trans yang berlebihan juga bisa mengubah perilaku seseorang jadi pemarah dan tidak sabaran.

Dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of California di San Diego tersebut, lemak trans yang berasal dari makanan terbukti bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Jika semula berpembawaan tenang, lemak ini akan mengubahnya jadi lebih galak.

Penelitian yang melibatkan hampir 1.000 orang partisipan ini dilakukan dengan cara menyurvei diet atau jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hasil survei itu kemudian dibandingkan dengan hasil tes kepribadian, yang dilakukan pada masing-masing partisipan.

Partisipan yang sehari-hari banyak mengonsumsi sumber utama lemak trans yakni junk food umumnya memiliki level agresivitas dan iritabilitas yang lebih tinggi. Artinya orang-orang ini lebih mudah tersinggung, kemudian marah karena emosinya susah dikontrol.

"Kami menemukan bahwa konsumsi lemak trans yang tinggi sangat terkait dengan kesabaran dan kemampuan orang mengendalikan emosi," kata Prof Beatrice Golomb, MD yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Jumat (15/3/2012).

Temuan ini dipercaya akan menambah alasan untuk semakin membatasi asupan lemak trans atau disebut juga lemak jahat. Selama ini, jenis lemak yang banyak ditemukan dalam makanan cepat saji tersebut lebih banyak dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Lemak trans sendiri merupakan produk hidrogenasi, yakni proses tertentu yang membuat lemak tak jenih menjadi padat dalam temperatur ruangan. Lemak-lemak ini ditemukan dalam kadar tinggi dalam margarin dan makanan-makanan olahan yang banyak disukai karena praktis.
sumber : /health.detik.com/read/2012/03/16/142744/1869243/763/lemak-jahat-bisa-bikin-orang-jadi-pemarah

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar