Quick Count, Cagub PA Kuasai 6 Daerah

Bookmark and Share
http://aceh.tribunnews.com/foto/berita/2012/4/10/100412foto.2_.jpg
BANDA ACEH - Hasil penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Citra Publik Indonesia (CPI) menunjukkan, pasangan cagub/cawagub yang diusung PA dan sejumlah partai berbasis nasional, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf, menang di 16 kabupaten/kota. Sedangkan pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan dilaporkan hanya unggul di 7 kabupaten/kota.

Demikian disampaikan Juru Bicara LSI Chandra Hendra Noto, dan Jubir Citra Publik Indonesia, Boy Afdas dalam konferensi pers, di lantai dasar Hotel Hermes Palace Kota Banda Aceh, Senin sore kemarin.

Mereka menyatakan, penghitungan hasil pemungutan suara pilkada gubernur dan wakil gubernur itu dilakukan secara cepat dengan menggunakan 350 TPS secara sampling dari 9,798 TPS yang tersebar di 23 kabupaten/kota. Penghitungan cepat mereka dibagi dalam delapan wilayah.

Dari pengelompokan delapan wilayah itu, pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf menang pada enam wilayah, yaitu Aceh II, Aceh III, Aceh IV, Aceh VI, Aceh VI dan Aceh VIII. Sedangkan pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, hanya menang pada dua wilayah yaitu Aceh I dan Aceh VII.

Dari data hasil quick count LSI/CPI, pasangan Zaini-Muzakir unggul telak di beberapa wilayah, terutama di wilayah Aceh II (Pidie dan Pidie Jaya). Di sini, Zaini-Muzakir meraup 68,68 persen, jauh di atas pasangan Irwandi/Muhyan Yunan yang hanya mendapat 13,75 persen.

Pasangan yang diusung Partai Aceh ini juga menang telak di Wilayah III (Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Nagan Raya), Aceh V (Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe), Aceh VI (Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang) dan Aceh VII (Abdya, Aceh Selatan dan Simeulue).

Persaingan ketat kedua pasangan ini terjadi di Wilayah Aceh IV (Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Tengah), di mana Zaini-Muzakir meraih 43,98 persen suara, sementara Irwandi/Muhyan mendapat 43,25 persen.

Sedangkan tujuh kabupaten/kota yang dikuasai Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, adalah wilayah Aceh I (Aceh Besar, Banda Aceh, dan Sabang). Di sini, Irwandi-Muhyan meraih 35,79 persen suara, menang tipis dari pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf yang meraih 33,05 persen.

Sedangkan untuk wilayah Aceh VII (Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Singkil dan Subulussalam), Irwandi/Muhyan mengumpulkan 47,33 persen suara, sementara Zaini/Muzakir Manaf mendapat 40,36 persen.

Juru Bicara LSI Chandra Hendra Noto, menegaskan, hasil qiuck count ini bukan merupakan penghitungan akhir dari lima pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang bertarung dalam pilkada Aceh. Ini merupakan hitungan sementara dengan sampling TPS yang sangat terbatas, hanya 350 TPS dari 9.786 TPS yang ada di seluruh Aceh.

Persentasi itu dihitung dari jumlah suara yang masuk 94 persen dan partisipasi masyarakat yang memilih 78,38 persen di 350 TPS yang dijadikan sampel. Sedangkan, hitungan pemungutan jumlah suara akhir ada pada KIP Aceh yang akan dilakukannya bulan depan.(her)
sumber : aceh.tribunnews.com/2012/04/10/quick-count-cagub-pa-kuasai-6-wilayah

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar