Wah, Premium & Pertamax Akan Dicampur

Bookmark and Share
http://i3.okezone.com/content/2012/04/04/19/605423/xx1oTpFdyO.jpg
JAKARTA - Tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi menyebabkan pemerintah mewacanakan mencampur premium dan pertamax sehingga harga kedua jenis bahan bakar ini relatif lebih murah dikonsumsi masyarakat.

"Soal BBM bersubsidi, ada ide saya ngobrol sama beberapa teman, pemerintah mau adakan premix ron 90. Jadi campuran BBM ron 88 yang disubsidi (premium) dan ron 92 yang enggak disubsidi (pertamax)," ungkap Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo di acara Forum Group Discussion tentang konversi BBG, di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Wamen menyebut, di Indonesia campuran BBM yang terdiri dari premium dan pertamax ini memiliki banyak pasar. Pasalnya, ada beberapa yang masih enggan berpindah ke pertamax tetapi merasa berdosa menghabiskan subsidi uang negara dengan terus memakai premium.

Adapun perhitungan dari harga BBM tersebut, lanjut Widjajono, merupakan gabungan dari keduanya. "Jadi harganya dibagi dua, kalau pertamax Rp10 ribu per liter, premium Rp4.500 per liter, ya nanti Rp7.250," lanjut dia.

Guru Besar Perminyakan ITB ini menambahkan, hal ini tidak akan merugikan siapapun termasuk Pertamina, karena proses pencampuran kedua jenis BBM ini tidak membutuhkan banyak hal.

Meski begitu, dirinya tidak dapat memberikan kepastian rencana. Menurutnya, dia harus berdiskusi dengan beberapa pihak lain sebelum menerapkan BBM campuran ini.

Seperti diketahui, pemerintah memang kerap menaikkan atau menurunkan harga pertamax sesuai dengan kondisi minyak mentah global.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo dalam sebuah kesempatan mengatakan, sekarang ini harga pertamax cs bisa kapan saja berubah, tergantung harga minyak mentah dunia. "SPBU juga sudah biasa. Itu (tidak ada publikasi) memang sudah strategi kita," imbuhnya.

Ditambahkan Vice President Corporate Communication Pertamina M Harun, langkah perubahan harga tersebut untuk menyesuaikan dengan harga si emas hitam yang terus merangkak naik. "Karena harga-harga produk minyak di pasar dunia naik. Jadi kita ikuti mekanisme harga pasar," kata dia.

Sekadar informasi, harga Pertamax per 1 April 2012 naik menjadi Rp10.200 per liter bila dibandingkan dengan harga pertamax pada 15 Maret 2012 yang mencapai Rp9.550 per liter.
sumber : /economy.okezone.com/read/2012/04/04/19/605423/wah-premium-pertamax-akan-dicampur

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar