RSJ Prof. Dr. Soerojo Rintis "Green Hospital"

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/04/14/1129558p.jpg

MAGELANG, KOMPAS.com - Lingkungan rumah sakit yang asri, tenang dan hijau atau yang dikenal dengan konsep green hospital ternyata turut mendukung kesembuhan pasien gangguan jiwa. Suasana demikian secara langsung memberi dampak positif dan menciptakan ketenangan bagi pasien.

Konsep inilah yang sedang dikembangkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof dr Soerojo Magelang Jawa Tengah. Lahan RSJ Prof dr Soerojo tergolong cukup luas namun belum banyak dimanfaatkan. "Kami ingin menciptakan suasana alam di rumah sakit ini lebih asri karena cukup membantu membantu kesembuhan pasien," kata Sri Haryati, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJ Prof dr Soerojo Magelang, Sabtu (14/4/2012).

Sri menjelaskan, penataan lahan akan dibuat zona-zona tanaman, sebagaimana konsep yang telah dikembangkan rumah sakit ini pada masa lalu yang dipenuhi dengan kebun dan tanaman, sehingga pasein yang ada di dalamnya bisa mengenal alamnya. "Kita bantu mereka untuk berdekatan dengan alam tidak hanya diruangan dan jalan-jalan sekitar lingkungan, akan tetapi mereka diajari melakukan budiadaya tanaman ini," jelasnya.

Halaman bangsal akan dipenuhi hamparan tanaman bunga dan rumput. Selain itu juga akan dipenuhi koleksi tanaman obat yang sekaligus berfungsi sebagai tanaman hias.Tanaman obat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami bagi pasien, seperti sayur organik, buah-buahan, obat (back to nature), palawijo, polopendem, keras dan industri.

"Tanaman obat ini juga belum banyak dimanfaatkan untuk obat bagi penderita sakit jiwa, jadi kami kan muali memanfaatkannya" ucapnya.

Selain konsep green hospital, pihaknya juga akan meningkatkan budidaya ikan. Menurut Sri, para rehabilitan akan merasa terbantu dan puas apabila mereka bisa menikmati hasil dari apa yang sudah ditanamnya.

"Tentunya ini akan bermanfaat bagi mental pasien setelah keluar dari rumah sakit," pungkasnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar