Membangkitkan Kenangan Bikin Pecandu Narkoba Jera

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/04/13/763/pecandu-dlm-ts.jpg
Jakarta, Pecandu narkoba sangat sulit disembuhkan. Tapi sebuah terapi dengan membangkitkan kenangan pertama saat terjerumus lembah narkoba, malah bisa membuat pecandu jera.

Dr. Amy Milton dari University of Cambridge melakukan penelitian terhadap 22 mantan pecandu heroin yang sudah berhenti memakai obat-obatan tersebut rata-rata selama 11 tahun.

Peneliti awalnya menunjukkan sebuah video singkat untuk mengingatkan para peserta penelitian terhadap kenangan ketika menggunakan obat-obatan terlarang. Sepuluh menit kemudian peserta menonton lebih banyak video tentang hal serupa.

Setelah 180 hari, pengujian menunjukkan bahwa tingkat hasrat ingin kembali menggunakan obat-obat terlarang berkurang karena video-video tersebut membangkitkan kenangan yang menimbulkan efek jera pada para pecandu.

"Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi bernagai jenis kecanduan yang lainnya seperti kecanduan alkohol," kata Dr. Milton seperti dilansir dari BBC, Jumat (13/4/2012).

Kenangan rupanya dapat memberikan isyarat dan efek yang dapat mengatasi kambuhnya kecanduan akan obat-obatan. Dengan menargetkan kenangan bisa menjadi jalan baru untuk pengobatan.

Penelitian mengenai hal ini diterbitkan dalam jurnal Science yang menyatakan bahwa mengingat kembali kenangan akan membuat para pecandu narkoba meninggalkan kebiasaan buruknya.

Memberikan stimulus berulang kali terhadap kenangan-kenangan yang berkaitan dengan penggunaan narkoba merupakan bagian terapi untuk pecandu.
sumber : health.detik.com/read/2012/04/13/183243/1892178/763/membangkitkan-kenangan-bikin-pecandu-narkoba-jera?l1101755hl

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar