4 Cara Biar Anak Tak Pilih-pilih Soal Makanan

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/04/11/1301/anakmakantsdlm.jpg
Jakarta, Ketika anak sudah menyukai satu jenis makanan, terkadang susah bagi ibu untuk mengenalkan makanan lain yang lebih sehat sperti sayuran dan buah-buahan. Anak juga cenderung suka pilih-pilih makanan yang berakibat buruk bagi keseimbangan nutrisinya.

Berikut langkah yang harus Anda perhatikan agar anak Anda tidak pilih-pilih makanan seperti dikutip dari health.com, Rabu (11/4/2012) antara lain:

1. Jangan memaksa anak Anda untuk makan
"Ketika Anda menyuapi anak Anda pada saat jam makan atau saat anak sedang menonton TV akan mengembangkan rasa tidak suka terhadap makanan yang Anda suapkan, karena hal ini termasuk pemaksaan," Dr. Leann Birch seorang penulis buku tentang perkembangan anak.

Agar anak-anak tidak pilih-pilih dalam hal makanan, cobalah menawarkan sayuran, buah, beras merah dan lain sebagainya tapi jangan memaksa anak-anak Anda untuk memakannya. Anda juga dapat memberi contoh yang baik dengan terlebih dulu makan makanan tersebut karena anak cenderung suka mengikuti kebiasaan orang tuanya.

2. Jangan menaruh toples yang berisi camilan di dekat anak Anda
Roti-roti kering dan camilan yang disajikan dalam toples akan menarik perhatian anak-anak. Akibatnya anak akan melewatkan makan siangnya karena telah kenyang dengan camilannya.

Buah-buahan segar lebih baik untuk anak Anda daripada camilan yang tidak sehat. Sebagai gantinya, Anda dapat meletakkan keranjang yang berisi buah-buahan di dekat TV atau ruang bermain anak.

3. Jangan membatasi menu makan anak dengan makanan khusus untuk anak-anak
Pada saat makan bersama keluarga, terkadang ibu memisahkan makanan anak dengan menu yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya.

Beberapa studi menunjukkan makan bersama dengan anggota keluarga yang lain dan membiarkan anak mencoba menu yang terhidang di meja baik untuk anak Anda.

4. Jangan menyerah mengenalkan sayuran kepada anak
Anak mungkin akan langsung menolak untuk makan brokoli atau wortel yang Anda tawarkan. Tetapi jangan mudah menyerah, cobalah terus berulang kali tapi jangan memaksanya. Anda juga dapat mencampurkan sayuran dalam makanan kesukaan anak Anda agar akrab dengan rasanya.
sumber : health.detik.com/read/2012/04/11/153242/1889957/1301/4-cara-biar-anak-tak-pilih-pilih-soal-makanan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar