Korut Segera Bangun Reaktor Nuklir Baru

Bookmark and Share
http://i.okezone.com/content/2011/11/11/413/527891/c227aAmJyj.jpg
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menyatakan kesiapannya untuk membangun reaktor nuklir baru. Pernyataan ini dinilai cukup mengejutkan karena negeri komunis itu selalu menutup-nutupi program nuklirnya.

"Reaktor nuklir yang akan dibangun lewat sumber daya manusia dan teknologi Korut akan siap beroperasi," ujar pejabat Korut, seperti diberitakan AFP, Jumat (11/11/2011).

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) sebelumnya mengatakan, Korut takkan sanggup menjalankan program nuklir karena kondisi perekonomiannya sudah berantakan.

AS beserta sekutunya sudah berkali-kali mendesak Korut agar menghentikan program pengayaan nuklirnya sebelum bergabung dalam dialog six party yang bertujuan untuk melucuti nuklir Korut.

Korut sebelumnya juga sudah sepakat untuk melanjutkan dialog itu, namun pikirannya berubah ketika menyaksikan adanya latihan militer antara Korsel dan AS. Korut merasa terancam dengan adanya latihan gabungan itu dan negeri komunis itu pun makin mengisolasi diri dari masyarakat internasional.

Pascakejatuhan Moammar Khadafi di Libya, Korut bahkan semakin menutup diri dari masuknya informasi dari luar negeri karena negeri Korut khawatir, masuknya informasi dari luar akan menginspirasi warganya untuk melakukan pemberontakan.(rhs)
sumber : /international.okezone.com/read/2011/11/11/413/527891/korut-segera-bangun-reaktor-nuklir-baru

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar