Anggun C Sasmi: Jadi Seniman Harus Frustrasi

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/11/23/228/anggun-dlm.jpg
Jakarta - Siapa yang tak kenal Anggun C Sasmi? Sebagai seorang penyanyi kelahiran Indonesia, ia telah melebarkan sayapnya hingga ke belahan negara Eropa. Namun, jalan menuju kesuksesan yang diraih Anggun seringkali diiringi rasa frustrasi, yang menurutnya sehat bagi seorang seniman.

Anggun merekam album studio pertamanya di Indonesia berjudul 'Dunia Aku Punya' pada 1986. Namanya kemudian melambung setelah merilis single berjudul 'Mimpi' 4 tahun setelahnya.

Di usianya yang masih belia, Anggun berhasil menggapai puncak popularitasnya dengan meraih penghargaan 'Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991'. Pada 1994, penyanyi kelahiran Jakarta, 29 April 1974 itu memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Dari situlah perjuangan Anggun dimulai.
http://images.detik.com/albums/detikhot/artis10/anggun1.jpg
Rasa frustrasi sering dirasakan pelantun 'Snow on the Sahara' itu saat proses pembuatan album, hingga persiapan menjelang konser. Namun ada satu hal yang selalu diingat Anggun dari ayahnya, Darto Singo.

"Bapakku itu seniman, dan seniman itu harus frustrasi. Kata dia frustrasi itu sesuatu yang sehat," ujarnya kepada detikhot.

Menurut Anggun, jika seorang seniman atau musisi tidak pernah merasakan frustasi, maka ia tidak akan pernah terpacu untuk membuat karya yang lebih bagus lagi. Oleh karena itu, Anggun tidak mau bersikap konservatif dalam bermusik.

Ia selalu berusaha menyesuaikan musiknya dengan perkembangan zaman, dan hal tersebut bisa didengar di tujuh albumnya yang berbahasa Inggris. Istilahnya, penyanyi yang telah berkewarganegaraan Prancis itu tidak ingin terpenjara dalam bermusik.

"Jadi, sudah keharusan penyanyi itu bisa pergi ke aliran manapun yang dia mau. Yang penting jujur," katanya.
http://images.detik.com/albums/detikhot/artis10/anggun2.jpg
Untuk menyalurkan kebebasan berekspresi dalam musik, Anggun kemudian memutuskan untuk memproduseri album terbarunya 'Echoes' seorang diri. Anggun pun merasa album yang dirilis internasional pada September lalu itu lebih personal.

"Setiap lagu-lagu di album ini benar satu kejadian di dalam hidupku. Kayak semacam gema dalam hidup," tuturnya.

"Ada judul 'Buy Me A Happyness' yang menceritakan tentang orang yang kaya, tapi ternyata dia sadar kalau kebahagiaan itu nggak bisa dibeli. Ada yang judulnya 'Cold War'. Banyak kata-kata yang bilang kalau misalkan kita lagi bimbang, kita harus listen to your self. Tentang kebimbangan, tentang mengenali diri sendiri," paparnya.

Saat ini, Anggun tengah mempersiapkan konser tunggalnya yang akan digelar pada 27 November 2011 di Jakarta Convetion Concert (JCC). Untuk pertunjukan spesialnya itu, ia akan menggandeng kelompok orkestra.
sumber : /hot.detik.com/music/read/2011/11/23/085936/1773409/228/anggun-c-sasmi-jadi-seniman-harus-frustrasi?h990101mainnews

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar