Tanggul Pantai Mutiara Hanya Sanggup Tahan Air Setinggi 220 cm

Bookmark and Share
http://jakarta.tribunnews.com/foto/bank/images/PANTAI_MUTIARA.jpg
TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Terkait banjir rob yang terjadi di pantai Mutiara Jakarta Utara, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI menilai tanggul yang ada di sekitar pantai Mutiara hanya mampu menahan air setinggi 220 cm.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Dinas PU DKI, Novizal, yang mengatakan banjir rob yang terjadi saat ini mencapai 230 cm dan melebihi batas tanggul maksimal di kawasan tersebut. Karena itu, pihak pantai Mutiara bersedia meninggikan tanggul setinggi 10 cm untuk mengamankan kawasan sekitarnya. "Di pantai Mutiara masih banyak kavling-kavling pemukiman yang belum dibangun. Akibatnya air pasang masuk lewat kavling yang masih kosong. Seandainya sudah terbangun semuanya, maka kawasan Pantai Mutiara dan sekitarnya akan aman karena air tertahan bangunan," terang Novizal, Senin (28/11/2011).

Untuk mengamankan kawasan utara, khususnya di kawasan pantai utara Jakarta, Novizal menegaskan Dinas PU DKI akan meneruskan peninggian tanggul-tanggul di sepanjang kawasan utara. Seperti di Marunda Jakarta Utara yang tanggulnya belum terbangun karena kendala pembebasan lahan. Serta peninggian tanggul di Muara Baru setinggi 50 cm.

"Tahun 2012 kita akan tuntaskan pembangunan dan peninggian tanggul di Jakarta. Yang bocor-bocor kita betulkan. Pokoknya tahun depan kita akan benahi tanggul-tanggulnya agar tahun depan kawasan Jakarta Utara aman dari banjir rob," imbuhnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar