Jangan Simpan Ikan Segar Terlalu Lama

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Ikan-segar.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berapa lama sih waktu yang ideal untuk menyimpan aneka bahan makanan segar didalam kulkas agar tetap awet dan tidak mengurangi kadar gizi yang terkandung didalamnya?

Terkadang kita sangat bernafsu untuk memasak, dan terlanjur membeli bahan-bahan makanan, namun tak sempat mengolahnya. Padahal sebenarnya tidak mudah untuk menyimpan aneka bahan makanan segar, terutama ikan, agar tetap awet.

"Sebaiknya ikan memang tidak disimpan, tapi langsung diolah. Tapi kalau memang terpaksa harus disimpan, simpan dengan cara yang tepat," ungkap Margie Gunawan, chef yang juga sekretaris Indonesian Chef Assosiation (ICA), saat acara ASEAN Culinary Festival di La Piazza, Kelapa Gading, beberapa waktu lalu.

Agar ikan bisa disimpan, letakkan dalam sebuah wadah kedap udara atau dibungkus dengan bungkus plastik. Ikan harus disimpan dalam wadah kedap udara, agar sari dari ikan tidak hilang dan mengurangi kenikmatannya. Selain itu juga agar nilai gizi dari ikan tidak berkurang. Kemudian, simpan ikan di dalam freezer.

"Jangan terlalu lama menyimpan ikan. Saya sarankan hanya 1 sampai 2 hari saja," tukas Margie.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar