Pelabuhan Bitung Dijaga Ketat

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, BITUNG - Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara menjadi salah satu pintu utama masuk Ambon, Maluku. Untuk mengantisipasi penyusup ke Ambon yang kini terus dihantui teror bom, Kepolisian Sektor Pelabuhan Samudera Bitung memperketat pengawasan dan penjagaan.

Apalagi dikabarkan, ada kaitan erat antara peristiwa bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh Solo, Minggu (25/9) lalu dengan serentetan pelemparan bom ke rumah ibadah dan penemuan di Ambon.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/9), Kapolsek Pelabuhan Samudera Bitung, AKP Demetrus Lariwu menuturkan, Pelabuhan Bitung adalah daerah yang berdekatan dengan Ambon, kerawanan para penyusup yang datang dan pergi ke Ambon di lakukan razia.

"Kami terus tingkatkan kewaspadaan. Terjunkan personel lakukan pemeriksaan penumpang dan barang bawaan," ujarnya kepada Tribun Manado, Rabu (28/9/2011).

Ia menjelaskan, razia penumpang dilakukan di titik kedatangan dan keberangkatan para penumpang ferry di Samudera Bitung setiap hari Jumat dan Sabtu. "Kami melakukan razia gabungan dengan Kodim, Sabhara dan pihak pelabuhan," urainya.

Namun tidak tertutup kemungkinan, tambahnya, kapal pengangkut muatan barang-barang diperiksa dan diawasi secara ketat setiap ada bongkar muat di pelabuhan. "Kami terus perketat pengawasan di pelabuhan," tegas Lariwu.

Dalam gelaran razia, polisi berhasil menyita 379 liter Captikus, 23 botol Vodka dan sebuah senjata tajam berupa pisau dapur.

Menurut Lariwu, dilakukannya penyitaan pisau dapur tersebut dikarenakan penumpang tersebut menuju Tual, yang melewati Ambon.

"Kami waspada saja meski alasan untuk kerja tapi tidak bisa, karena dapat digunakan pada hal-hal yang tak diinginkan," tegasnya.

Terkait perkembangan penyelidikan bom, Polri terus mendalami keterkaitan bom Solo dan bom Ambon. Hasilnya, Polri menyatakan secara fisik dan material, jenis bom yang ditemukan di Ambon dan Solo, berbeda.

"(Jenisnya) beda. Kalau di sana (Ambon) kan diameternya 4 cm, panjang 10 cm. Kalau bom (Solo) itu kan bom cangklongan, terdiri dari beberapa pipa tipis, seperti (bom) M Syarif (di Cirebon)," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Sebagaimana diberitakan, dua bom rakitan meledak di Ambon sebelum ledakan bom bunuh diri Ahmad Yosepa Hayat di Gereja GBIS Kepunton, Solo. Ambon kembali mendapat teror dengaan temuan dua bom rakitan lainnya di depan gereja, setelah bom Solo tersebut.

Menurut Anton, jenis keempat bom rakitan di Ambon tersebut adalah sama. Komponen bom itu terdiri dari casing besi, berdiameter 4 cm, panjang 10 cm, dengan isi black powder serta sumbu dari bambu isian korek api.

Sementara bom yang digunakan Hayat di Solo adalah bom pipa yang dirakit melilit perutnya. Komponen bom ini terdiri dari bom pipa, baterai 9 volt, saklar on-off, lakban, kabel-kabel, dan gotri seperti paku dan mur.

Diakui kepolisian, bahwa bom Hayat ini adalah sisa bom yang dipakai Syarif dalam aksi bom bunuh diri di masjid Adz-Zikro Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, pada 15 April 2011 lalu. Masih tersisa 7 bom pipa yang dibawa empat rekan Syarif dan Hayat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar