Gunung Merbabu Terbakar

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Kebakaran kembali terjadi di puncak pegunungan yang ada di wilayah Jawa Tengah bagian selatan. Kali ini melanda kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Merapi yang ada di Lereng Gunung Merbabu, perbatasan antara Boyolali dan Magelang.

Menurut petugas Taman Nasional Gunung Merapi, Agus Prabowo, hutan yang terbakar terletak di lereng sebelah barat, tepatnya di antara Dukuh Tempel, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali, dengan Dukuh Bentrokan, Wonolelo, Magelang.

Belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar dan penyebabnya. Namun lahan yang terbakar menurut penuturannya diperkirakan berada di kawasan lahan padang semak belukar dan ilalang.

Dari pantauan lapangan, api terlihat jelas menyala dari wilayah jalan Magelang-Yogyakarta pada Selasa Malam (27/9) sekitar pukul 21.00.
Salah seorang relawan Merapi, Didik (29) yang ada di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang mengatakan, "Api terlihat jelas dari sini, menganga berkobar," katanya.

Berdasarkan keterangan warga di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, mulanya titik api muncul dari Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali sekitar pukul 11.30 WIB, dan mengarah ke arah barat.

Komandan SAR Kabupaten Magelang, Heri Prawoto, Selasa (27/9) malam mengatakan, "Kami sudah menyiagakan semua aparat pemerintahan dan tim SAR di Kecamatan Pakis dan Sawangan sejak pukul 19.00 WIB untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke pemukiman."

Heri memastikan saat ini kondisi masih aman, karena jauh dari jangkauan permukiman. Namun, pihaknya tetap memantau pergerakan api dari wilayah Pakis dan Sawangan dan menghimbau pada warga agar tidak panik.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar