Bangkai UARS Akhirnya Jatuh ke Samudera Pasifik

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/lokasi_jatuh_UARS67.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - LAPAN mengutip keterangan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, memastikan bangkai Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) telah menghantam bumi. Lokasi jatuh UARS di Samudera Pasifik di wilayah Kanada.

Mengutip situs resminya, http://foss.dirgantara-lapan.or.id/orbit/ , Sabtu (24/9/2011) jatuhnya UARS menurut LAPAN telah bisa diprediksi sejak pukul 11.20 WIB saat ketinggian UARS sudah mendekati 122 km ketinggian umum benda jatuh antariksa serta melintasi Samudera Pasifik.

Lalu naik lagi di atas 122 km sebelum melintasi Amerika Utara, turun lagi di bawah 122 km di Samudera Atlantik lalu melintasi Afrika, lalu naik lagi di atas 122 km di selatan Afrika lalu turun kembali di selatan Australia lalu melintasi Samudera Pasifik. Indonesia terbebas dari kejatuhan UARS karena sejak pagi tadi karena tidak melintasi wilayah udara Indonesia.

Sebelumnya situs berita ABC News di Australia menulis perusahaan antariksa, Aerospace Corp yang berbasis di California AS telah menghitung estimasi jatuhnya UARS terjadi pada pukul Jumat 18.00 hingga 04.00 Sabtu (24/9/2011) waktu setempat. Aerospace kemarin sempat memprediksi lokasi jatuhnya satelit berada wilayah negara Chad di Afrika.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar