Makan Ikan dan Telur Bisa Kurangi Kram Perut Saat Haid

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/03/01/900/bbfisheggs_content.jpg
Jakarta - Wanita yang sedang haid bisa mengalami kram perut. Beberapa wanita biasa meminum obat untuk meredakan kram perut. Telah dilakukan uji coba bahwa ikan dan telur bisa meredam kram perut saat haid.

'Ikan dan telur mengandung vitamin D yang menjanjikan untuk mengobati kram perut saat menstruasi,' ujar Dr JoAnn Manson, seorang kepala Divisi Preventive Medicine di Harvard yang bekerjasama dengan Brigham and Women's Hospital.

Pada studi baru di Italia melihat dampak konsumsi ikan dan telur yang bisa mengatasi kram perut. Penelitian dilakukan terhadap 40 wanita dengan usia 18 hingga 40 tahun. Setengah dari mereka makan banyak ikan dan telur selama lima hari sebelum dimulainya penelitian.

Setelah dua bulan, wanita yang mengalami nyeri dilaporkan mengalami penurunan rasa nyeri sebesar 41 persen. Sedangkan wanita yang mengalami rasa sakit paling parah di awal penelitian mengalami penurunan rasa nyeri saat mereka haid.

Manson menjelaskan bahwa, ada kemungkinan makan ikan dan telur yang kaya akan vitamin D dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena makanan melewati prostaglandin. Kemudian vitamin D akan masuk kedalam otot rahim dan memberi rasa rileks.

Namun para ahli juga mengingatkan, bahwa makanan yang digunakan dalam studi ini mengandung 300.000 unit vitamin D. Suatu lembaga direkomendasikan untuk menganjurkan konsumsi vitamin D sebanyak 600 IU per hari dan selanjutnya akan direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D sebanyak 400 IU per hari.

Studi terbaru menyebutkan telah ditemukan potensi resiko yang terkait dengan tingkat asupan makan ikan dan telur yang tinggi. Dalam Journal of American Medical Association menemukan kemungkinan adanya hubungan antara banyaknya konsumsi makanan mengandung vitamin D dengan peningkatan resiko patah tulang pada wanita lanjut usia.

Sementara itu dalam tulisan ilmiah di American Journal of Cardiology disebutkan bahwa ikan dan telur yang mengandung vitamin D dapat membantu mengurangi terjadinya resiko peradangan pada jantung.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar