Apresiasi Pengelolaan Pameran

Bookmark and Share
Biro Hukum dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian kembali menyelenggarakan "Apresiasi Pengelolaan Pameran" yang kedua, setelah sukses yang pertama diadakan di Bandung, bertempat di Hotel Marbellla Suites Jl. Sentra Dago Pakar Bandung, tanggal 5-7 Desember 2011.
Pada penyelenggaraan yang kedua kali ini mengambil tempat di Yogyakarta (Jayakarta Hotel & Spa) Jl. Laksda Adi Sucipto, KM,8 Bandara Adi Sucipto, yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 - 22 Maret 2012.

Perkembangan yang pesat dibidang komunikasi visual, khususnya pameran dan peragaan pada era globalisasi, menuntut para pelakunya profesi dibidang pameran dan peragaan untuk senantiasa mengikuti dan mengantisipasi perkembangannya, sehingga mereka mampu dan dapat memfungsikan media komunikasi visual, khususnya pameran dan peragaan sebagai media penyebarluasan informasi yang pada akhirnya berguna untuk sosialisasi, kampanye publik untuk membangun image dan edukasi.
Dengan memperhatikan pemikiran tersebut, maka apresiasi pengelolaan pameran, khusunya para pengelola pameran dirasakan sangat perlu untuk senantiasa ditingkatkan kualitas (mutu) dan profesionalitas mereka agar dapat menjadi insane pameran dengan kemampuan mumpuni yang pada gilirannya dapat menyampaikan pesan informal dibidang pembangunan pertanian kepada masyarakat dengan efektif dan efisien serta berdayaguna.

Tujuan dan sasaran

Tujuan penyelenggaraan Apresiasi Pengelolaan Pameran Lingkup Kementerian Pertanian adalah :
a. Meningkatkan kesadaran (awareness) para pengelola pameran khususnya mengenai tanggung jawab menghadapi berbagai peluang dan tantangan global;
b. Meningkatkan wawasan para pengelola pameran mengenai strategi dalam meningkatkan peran serta mengoptimalkan fungsi media pameran dalam berbagai dinamika pameran;
c. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan pengelola pameran dalam mempersiapkan media pameran.
d. Meningkatkan motivasi pengelola pameran dalam upaya mewujudkan pengelolaan pameran.
Adapun sasaran yang hendak dicapai adalah : berkembangnya kreatifitas penanggungjawab/pengelola pameran, sehingga mereka menjadi lebih kompeten.

Metode dan Prosedur

Metode prosedur yang digunakan dalam penyelenggaraan Apresiasi Pengelolaan Pameran Lingkup Kementerian Pertanian menggunakan metode paparan dan diskusi serta kunjungan lapangan (field Trip).

Keterangan Foto: Peserta Apresiasi Pengelolaan Pameran th 2011 berfoto bersama
(Foto: Haryo Radianto).
.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar