Siswa SMK Ini Bangga Bisa "Tembus" ITB

Bookmark and Share
JAKARTA, KOMPAS.com — Bahagia tak dapat disembunyikan Adri Hidayatullah, alumnus SMKN 7 Bandung, saat bercerita mengenai keberhasilannya lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Adri berhasil masuk jurusan impiannya, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Bangga dan bahagia patut dirasakan mendalam oleh Adri. Sebagai siswa lulusan SMK, ia harus belajar lebih keras mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN, jika dibandingkan dengan siswa SMA.

"Waktu (mencoba) jalur undangan di sekolah, enggak ada satu pun universitas yang lolos. Karena katanya lebih mengutamakan lulusan SMA," ungkap Adri kepada Kompas.com, Sabtu (7/7/2012).

Meski gagal di jalur undangan, Adri tetap menyimpan semangat dan tekadnya untuk membuktikan bahwa lulusan SMK juga bisa "tembus" SNMPTN. Untuk menguasai materi yang kebanyakan tak didapatkannya di sekolah, Adri selalu mengikuti les tambahan dari siang hingga malam hari. Kesulitannya, selama tiga tahun Adri menjalani studi di SMKN Kimia. Maka dari itu, ia harus belajar lebih keras untuk mempelajari IPS dan Seni Rupa.

"Jadi belajar tuh di tempat les dari jam 9 pagi sampai jam 9 malem, belajar Seni Rupa sama IPS. Di rumah cuma numpang tidur sama makan saja," kisah Adri.

Pada tahun 2012 ini, kata Adri, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB mengalokasikan 180 kursi untuk mahasiswa baru. Adapun jumlah peminatnya mencapai 1.400 orang. Pilihannya terhadap jurusan ini didasari hobinya menggambar.

"Perasaan enggak nyangka banget bisa lolos ke ITB yang peminatnya banyak, seperti mimpi. Sekarang juga masih belum percaya. Saya juga bernazar, kalau diterima di ITB akan puasa dan traktir teman-teman," kata Adri.

Selamat ya!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar