UGM Terima 3.599 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2010/01/29/1628343620X310.jpg
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada atau UGM Yogyakarta pada tahun ini menerima sebanyak 3.599 mahasiswa baru melalui jalur ujian tulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Direktur Administrasi Akademik UGM Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, para mahasiswa baru itu terdiri dari 2.377 orang diterima di program studi IPA, dan 1.222 orang diterima di IPS.

Menurut Budi, mahasiswa baru yang diterima merupakan hasil seleksi dari total pendaftar di UGM sebanyak 51.079 orang, terdiri dari bidang IPA 31.968 orang, dan IPS 19.111 orang.

"Sebagaimana kebijakan pemerintah, pada tahun ini UGM memberikan kuota tambahan penerimaan mahasiswa baru. Semua fakultas juga memberikan kuota tambahan dengan jumlah bervariasi antara 2 dan 10 persen," katanya.

Budi menambahkan, peserta Bidik Misi yang diterima melalui jalur ujian tulis di UGM berjumlah 313 orang. Dari jumlah tersebut hampir semua diterima di program-program studi favorit, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Psikologi, dan Akuntansi.

"Untuk mengakomodasi peserta Bidik Misi itu UGM juga telah meminta tambahan alokasi sebanyak 320 kursi kepada Ditjen Dikti. Hal itu kami lakukan karena 1.000 alokasi Bidik Misi untuk UGM telah terserap habis untuk SNMPTN Undangan dan pendaftar yang diterima di sekolah vokasi," ujarnya.

Menurut dia, program studi yang menjadi favorit pendaftar di UGM pada tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Program studi favorit bidang IPA antara lain Teknologi Informatika, Kedokteran, Farmasi, Teknik Arsitektur, Ilmu Komputer, dan Kedokteran Gigi. Sementara itu, program studi favorit bidang IPS adalah Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, Akuntansi, Pariwisata, dan Psikologi.

Para calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UGM diwajibkan melakukan registrasi pada 9-19 Juli 2012. Registrasi tidak boleh diwakilkan dan calon mahasiswa harus datang sendiri dengan membawa berkas-berkas yang disyaratkan.

Berkas yang harus dibawa dapat dilihat pada link pengumuman SNMPTN. Jika sampai 19 Juli 2012 tidak melakukan registrasi, maka calon mahasiswa dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM.

"Jika benar-benar berhalangan untuk registrasi pada waktu yang telah ditentukan, seperti sakit berat atau sedang bepergian jauh seperti umroh, secepatnya dapat menyampaikan informasi dengan mengirimkan surat ke Direktorat Administrasi Akademik UGM," ujar Budi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar