Nelayan Larung Ancak dalam Sedekah Laut

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2011/12/13/1314366620X310.jpg
TEGAL, KOMPAS.com — Ribuan nelayan di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, melarung enam ancak berisi kepala kerbau dan aneka makanan ke Laut Jawa, Selasa (13/12/2011). Larung ancak tersebut sebagai puncak perayaan sedekah laut, yang diselenggarakan oleh nelayan di wilayah Kota Tegal.

Selain melarung ancak, para nelayan dan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut berebut air bercampur bunga, yang sudah diberi doa oleh dalang ruwat.

Oleh sebagian masyarakat, air tersebut dipercaya bisa memberikan berkah dan kesembuhan. "Iya, air bisa menyembuhkan penyakit," kata Rusja (45), warga yang ikut berebut air.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal Mahmud Effendy mengatakan, sedekah laut merupakan wujud syukur nelayan atas limpahan hasil tangkapan yang telah diberikan Tuhan. Kegiatan itu juga sebagai bentuk doa agar nelayan selalu diberi keselamatan dan kemudahan dalam melaut.

Sebagai rangkaian sedekah laut, para nelayan juga menyelenggarakan pentas wayang golek, campursari, dan pentas sandiwara. Berbagai acara hiburan itu ditampilkan untuk menghibur masyarakat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar