Agar Penataan Bunga Tak Membosankan

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/07/23/1333435620X310.jpg

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia, bahwa bunga memiliki kekuatan menghadirkan nuansa segar, baik di luar maupun di dalam ruangan. Di luar rumah, bunga-bunga yang ditanam di taman akan menambah suasana segar, memperindah taman, serta memanjakan pandangan mata.

Membawa masuk kekuatan bunga tersebut dalam hunian, kemudian mempersembahkannya khusus menyambut persiapan hari raya Idul Fitri memang bukan ide baru. Banyak orang sudah melakukannya sejak lama. Beruntungnya, hasilnya tidak diragukan dan kerap kali orang mencoba hal serupa setiap tahun.

Merangkai bunga sebetulnya tidak akan terasa atau terlihat monoton bila Anda melakukan perubahan secara kreatif pada penataannya. Kreativitas itu bisa dimulai dari varian bunga, warna, wadah, serta paduan dengan daun, yang masing-masing bisa Anda ubah dan aplikasikan.

Sebagai panduan paling mudah, Anda dapat menyesuaikan warna bunga dengan kepribadian yang hendak ditonjolkan dalam ruangan. Misalnya, untuk bunga-bunga bermakhota warna merah akan memberi kesan hangat dan menggairahkan. Pasalnya, warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan mempermudah pernafasan.

Untuk membangun suasana lebih ceria, Anda bisa mencoba bunga dengan warna kuning. Warna ini mampu menstimulasi ingatan dan meningkatkan semangat. Dipadu warna hijau daun, warna kuning bunga akan memberikan nuansa ketenangan dan kenyamanan penuh dalam ruangan.

Semangat baru juga bisa Anda temukan dengan memilih bunga-bunga berwarna oranye. Sementara, warna biru akan memberikan nuansa santai dan memberi efek meningkatkan refleksi dan meredakan stres.

Sementara itu, bunga berwarna pink akan menyajikan nuansa romantis dan mampu meredakan amarah, sedangkan bunga warna putih membawa nuansa ketenangan.

Kini, setelah memilih bunga yang paling tepat, Anda tinggal memilih wadah yang sesuai. Anda bisa menempatkan satu jenis bunga atau satu warna beberapa bunga dalam satu wadah. Misalnya, bunga mawar akan tampak cantik saat Anda merapikan batangnya yang berduri, kemudian diletakkan di dalam tempat lilin model gelas. Wadah seperti ini tepat untuk bunga tunggal.

Untuk penataan beberapa bunga dalam satu warna, Anda bisa memilih jenis tulip, lisianthus, hoya, dan ranunculus. Buatlah gagangnya seperti tergenggam membentuk ikatan bunga, kemudian potong dengan panjang yang sama. Tambah atau kurangi beberapa kuntum demi membentuk buket. Selipkan bunga-bunga tersebut ke dalam gelas sampanye.

Sementara untuk penataan satu bunga dengan bermacam warna, Anda bisa memilih satu warna sebagai pemeran utama. Misalnya, aster gerbera warna oranye dipadukan dengan warna putih. Untuk membuat pembatas di atas vas, Anda bisa menggunakan pita yang ditempati beberapa batang. Penyusunannya dari tengah ke bagian keluar agar hasilnya lebih mengagumkan.

Yuk, coba mulai merangkai!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar