Kurs Euro Terhadap Yen Sentuh Rekor Terendah dalam 10 Tahun

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/ilustrasi-mata-uang-Euro.jpg

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Pergerakan Euro terhadap sejumlah mata uang dunia kian melemah. Selasa (4/10/2011) pagi tadi, Euro keok ke level terlemah dalam sepuluh tahun terakhir atas Yen.

Pada pukul 17.02 waktu New York, Euro melemah 2,1 persen menjadi 100,98 Yen dari posisi 103,12 kemarin. Sebelumnya, nilai tukar Euro terhadap Yen sempat bertengger di posisi 100,96, posisi paling lemah sejak Juni 2001.

Selain itu, mata uang 17 negara itu juga melemah ke level terendah dalam delapan bulan terakhir atas Dollar AS. Euro keok 1,6 persen menjadi 1,3184 Dollar AS dari sebelumnya 1,3387 Dollar AS pada 30 September lalu. Sedangkan dollar melemah 0,6 persen menjadi 76,63 Yen.

Mata uang Euro keok setelah menteri keuangan Eropa belum menemui kata sepakat mengenai peningkatan kapasitas dari European Financial Stability Facility.

"Debat yang berkelanjutan antar negara uni Eropa menunjukkan adanya kemungkinan kenaikan kapasitas dana bailout untuk mencegah penyebaran krisis utang di kawasan tersebut. Nah, pelemahan Euro yang terjadi saat ini merupakan refleksi dari kekecewaan investor atas belum adanya progres penanganan krisis Eropa," papar Kathy Lien, Director of Currency Research GFT Forex di New York.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar