Mengapa Ada Asisten Bersuara Perempuan di iPhone 4S?

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/iPhone-4S.jpg
TRIBUNNEWS.COM - Inovasi baru Apple yang dinamakan Siri menggunakan sistem aktivasi dengan suara (voice-activated) dari asisten virtual dalam ponsel pintar iPhone 4S. Inovasi itu mendapat pujian sebagai pengubah permainan.

Sebab penggunan Siri tak hanya bisa memberi perintah dengan menggerakan mouse atau menyentuh layar, tetapi bisa langsung berbicara pada ponsel itu. Anda memberi perintah pada ponsel itu dalam bahasa Inggris dan dia akan menjawab. "Suaranya terdengar lembut dan menenangkan," tulis ABCnews, Rabu (25/10/2011).

Selama ini warna suara komputer, setidaknya produk keluaran AS identik dengan laki-laki. Mulai dari suara GPS di mobil anda hingga suara peringatan di pesawat jet menggunakan warna suara laki-laki.

Apakah karena selama ini suara nada tinggi perempuan tak mampu terdengar jelas di tengah frekuensi rendah suara raungan mesin? ataukah ini salah satu contoh buruk stereotype seksual? Bukankan kita lebih memilih arahan dari suara yang enak didengar, suara perempuan yang ramah? Atau kita lebih senang mendengar suara lantang pria pejabat publik seperti yang umumnya kita dengar selama ini?

"Itu semua bisa jadi dipengaruhi faktor biologi maupun faktor perilaku," ujar Clifford Nass peneliti dari Stanford University. Nass telah menulis soal bagaimana manusia terhubung dengan mesin. "Lebih mudah menemukan suara perempuan yang disukai semua orang daripada suara laki-laki," lanjutnya.

Lebih lanjut disebutkan, para bayi juga lebih patuh pada suara perempuan daripada suara laki-laki. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ternyata bayi mulai mengenal suara perempuan sejak dia berada dalam rahim sang ibu. Saat itu bayi mulai mendengar suara sang ibu.

Pada 2006, Barbara Kisilevsky, seorang profesor di Queens University di Ontario Kanada, merekam puisi oleh ibu yang ditujukan bagi bayi dalam rahim. Eksperimen ini dilakukan di China dan Kanada.

Saat rekaman puisi diputar didekat perut ibu, direspon oleh detak jantung janin yang melambat. Ini adalah tanda bahwa efek itu menenangkan. Saat orang lain membaca puisi itu detak jantung janin menjadi lebih cepat.

Apple, menurut Nass berupaya memosisikan sebagai perusahaan yang disukai dan bisa diterima di AS. "Mereka tidak menyombongkan diri sebagai yang tercepat atau mesin terkuat. Mereka hanya menjadi terenak dan paling mudah digunakan," jelas Nass.

Menurutnya suara laki-laki memang nampak seperti guru yang lebih baik soal teknologi. "Dan suara perempuan itu lebih untuk semua hal di luar itu," katanya.

Namun tentu saja itu ada preferensi secara budaya di masing-masing negara. Di Prancis dan Inggris, Siri adalah suara laki-laki.

Nass menulis beberapa dekade lalu, produsen otomotif BMW memasang suara perempuan di mobil yang dipasarkan di Jerman. Namun, para pria mengeluh. Mereka menolak diperintah oleh perempuan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar