Samsung dan Apple Akhiri Masa Kejayaan Ponsel Nokia

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Samsung-Galaxy-Tab-10.1.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Nokia yang dulunya sangat terkenal dengan semboyan," ponsel sejuta umat," akhirnya harus merelakan mundur dari pertarungan pasar setelah Samsung Electronics Co Ltd akan menjadi pembuat ponsel pintar terbesar pada kuartal ini. Demikian dilansir Reuters, Senin (13/6/2011).

Hal ini disampaikan Nomura, sebuah lembaga peneliti. Selain itu, Nomura juga melansir jika pada kuartal berikutnya Apple juga akan mengambil alih dominasi Nokia, yang merupakan perusahaan asal Finladia itu, dan harus puas berada di posisi ketiga.

"Nokia harus menyerahkan posisi sebagai penghasil ponsel pintar ke Samsung dan Apple," tulis Nomura.

Lembaga peneliti Gartner dan Canalyst menulis laporan jika Nokia, yang pertamakali meluncurkan model ponsel pintar Nokia Communicator pada tahun 1996, kehilangan volume penjualan ponsel pintar pada tahun ini.

"Jika ponsel terbaru Nokia tidak bisa diteruma pada kuartal ketiga dengan kehadiran Galaxy S2, maka Samsung kemungkinan akan mengambil alih posisi itu dan menjadi pemimpin ponsel pintar di kuartal ketiga," demikian kata seorang analis Gartner,Carolina Milanesi.

Nokia kehilangan pasar ponsel pintar dari iPhone Apple dan ponsel berbasis Google Inc's Android. Secara keseluruhan, Nokia masih membuat lebih banyak ponsel ketimbang Samsung terutama kuatnya posisi perusahaan itu di sektor ponsel dan jaringan distribusi di sejumlah negara.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar