BlackBerry Messenger Bisa Jadi Provokator Ulung

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20110511_Playbook_BleckBerry.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Teknologi memang seperti pisau bermata dua. Di satu sisi, memberikan keuntungan seperti kemudahan melakukan komunikasi dan menembus batas negara-negara. Namun, di sisi lain, teknologi juga bisa menjadi ancaman yang sangat berbahaya.

Contoh yang paling terbaru adalah kasus mengamuknya seorang pria keturunan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), di depan Mtos, Makassar, Sulsel, yang menyebabkan tiga nyawa melayang. Meski polisi sudah mengamankan pelaku, ini tak menyurutkan isu menyebar dan kemudian menyentuh suku,ras, dan agama (SARA).

Kabar ini tersebar dengan cepat tentu saja dengan dukungan teknologi yang sungguh canggih saat ini. Satu di antaranya BlackBerry Messenger (BBM). Seorang warga Makassar asal Semarang bernama Jemmy mengaku mendapatkan kabar mengenai aksi sweeping yang akan dilakukan sekelompok orang terhadap keturunan NTT.

"Hari ini di BBM saya baca mereka akan melakukan aksi sweeping," kata Jemmy kepada Tribunnews.com, Jumat (16/9/2011). Ia menambahkan, kabar lainnya adalah mahasiswa di Makassar akan turun melakukan aksi serupa.

"Saya heran kok mahasiswa terlibat dengan hal seperti itu ya," kata Jemmy, yang bekerja di perusahaan komputer Elevo ini, kebingungan.

Terlepas dari benar atau tidak, kabar yang disebarkan BBM ini bisa menjadi pemicu saling curiga karena tak ada konfirmasi dari berbagai pihak yang berkompeten terkait dengan kabar tersebut.

Masih terkait dengan peristiwa mengamuknya tiga orang keturunan Flores yang menyebabkan tewasnya tiga orang, seorang facebooker bernama Mila Riswan menulis seperti ini di status update via BlackBerry. "Kasihan juga sama tetangga-tetanggaku yang baik hati, gara-gara isu tak bertanggung jawab sekarang harus hidup sementara di penampungan dengan perasaan was-was. Sabar ya".

Kabar yang beredar di BBM memang harus dipilah baik-baik. Info BBM memang sering terkadang menyesatkan seperti artikel yang isinya," menghisap payudara bisa menyelamatkan kanker," dan bahaya mengonsumsi air dingin setelah makan," adalah beberapa kabar yang beredar di BBM dan ditelan mentah-mentah penerima info.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar