Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia Dukung Demokratisasi di Libya

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/09/05/10/libya-massa.jpg
Jakarta - Sebagai Ketua Association of South East Asian Nations (ASEAN), Indonesia angkat bicara terkait perkembangan situasi di Libya. Situasi di Libya dipandang memasuki tahap transisi menuju demokratisasi yang sangat penting dan menentukan.

Demikian disampaikan dalam siaran pers resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, kepada detikcom, Senin (5/9/2011).

Indonesia menegaskan bahwa selama terjadinya krisis di Libya, Negara anggota ASEAN senantiasa secara konsisten menggarisbawahi kepentingan yang mendesak untuk melindungi dan memastikan keselamatan dan keamanan rakyat sipil di Libya. Juga menekankan bahwa pada akhirnya krisis di Libya hanya dapat diselesaikan melalui proses politik yang memungkinkan rakyat Libya untuk menentukan masa depan mereka sendiri.

"Dan masyarakat internasional, termasuk PBB, harus dapat menciptakan kondisi yang kondusif untuk melindungi rakyat sipil di Libya dan memulai proses politik dimaksud," begitu ditekankan dalam siaran pers yang disebarkan Bagian Informasi dan Media Biro Administrasi Kemlu RI ini.

Indonesia juga menegaskan Negara anggota ASEAN mendukung semua upaya yang sedang berjalan yang melibatkan Dewan Transisi Nasional untuk mendorong rekonsiliasi dan membentuk Libya yang demokratis. Rekonsiliasi dan demokratisasi di Libya diharapkan berjalan stabil sesuai dengan aspirasi dan keinginan rakyat Libya.
Sumber : .detiknews.com/read/2011/09/05/001550/1715380/10/sebagai-ketua-asean-indonesia-dukung-demokratisasi-di-libya?9922022

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar