Penganut Islam Aboge Takbiran Malam Ini

Bookmark and Share
http://i.okezone.com/content/2011/08/31/335/498046/OXWwtaaplW.jpg

BANYUMAS- Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah ternyata baru akan dirayakan kaum Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di Banyumas, Jawa Tengah pada hari Kamis tanggal 1 September Besok.

Pada hari Rabu (31/8/2011) malam, umat Islam Aboge baru memulai takbiran sebagai tanda selesainya puasa. Gema takbir terus berkumandang di sejumlah masjid kaum Aboge yang tersebar di desa-desa di Kecamatan Ajibarang.

Seperti di Desa Kracak misalnya, Pesta kembang api dilakukan kaum Islam Aboge usai sholat Isya. Kemudian setelah itu, kaum Islam Aboge di sejumlah masjid di Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas mengumandangkan gema takbir. Gema takbir yang dikumandangkan sebagai tanda jika puasa mereka telah selesai.

Kaum aboge ini juga memulai puasanya satu hari setelah umat Islam di Indonesia secara umum melaksanakan ibadah puasa. Dalam menentukan puasa dan hari raya, kaum aboge mempunyai hitungan tersendiri. Perhitungan ini berdasarkan kalender jawa aboge yang berarti dimulai dari alif rebo wage.

“Kami dalam menentukan awal puasa dan awal syawal dengan menggunakan perhitungan nenek moyang kami. Namun demikian, kami sangat menghormati umat Islam yang sudah melaksanakan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Sudiworo, salah satu sesepuh Aboge di Desa Kracak.

Meski merayakan hari raya tidak secara bersamaan, namun kaum aboge ini mengaku sangat menghormati umat Islam yang telah merayakan hari raya terlebih dahulu. Bahkan, perbedaan melaksanakan hari raya agar jangan dijadikan perpecahan umat Islam di seluruh Indonesia.
(ugo)

Sumber : amadan.okezone.com/read/2011/08/31/335/498046/penganut-islam-aboge-takbiran-malam-ini


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar