Kuncen Merapi Rayakan Lebaran di Shelter

Bookmark and Share
http://jogja.tribunnews.com/foto/bank/images/Mas-Bekel-Anom-Suraksosihono-atau-Asih-LEBARAN-di-SHELTER_ANUGRAH.jpg
TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Warga lereng Merapi di shelter Plosokerep, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan merayakan Lebaran hari ini. Sekitar 500 orang menghadiri Salat Id di mushola shelter.

Juru kunci Merapi, Mas Bekel Anom Suraksosihono atau Asih (44) juga hadir. Perayaan Lebaran tahun ini ia rasakan lebih meriah.

"Warga bisa berkumpul dengan mudah sebab kami lebih berdekatan di sini. Tetangga dari Dusun Kepuharjo dan Dusun Kinahrejo bisa bertemu di sini," ujar dia saat menyambut silaturahmi beberapa tamu di shelternya, Selasa (30/8).

Asih mengenakan kemeja batik dan sarung berwarna hijau. Ia duduk di ruang tamu shelter. Beberapa makanan ringan ada di sana. Asih menyambut tamu yang datang dengan sangat ramah dan menghidangkan makanan ringan pada mereka.

Asih bersama istri dan ibunya ramah mengobrol dengan setiap warga yang datang. "Tidak menyangka ya, bisa bertemu dan berkumpul lagi seperti ini," ujar Nyonya Maridjan kepada tamunya.

Asih menceritakan, setiap Lebaran biasanya ia berkumpul bersama seluruh keluarganya di kediaman Mbah Maridjan. Rumah itu kerap mendapat banyak tamu, baik keluarga, teman, dan tetangga. "Saya biasanya membantu bapak menata makanan dan menghidangkannya pada tamu. Banyak sekali tamu yang datang ke rumah kami dulu," katanya sambil tersenyum.

Dalam Lebaran tahun ini, Asih berencana juga untuk berkunjung ke makam orangtuanya, Mbah Maridjan. Selain itu, sebagai salah satu abdi dalem, ia juga akan mengikuti perayaan Lebaran bersama semua abdi dalem Kraton Yogyakarta. (*)
Sumber : jogja.tribunnews.com/2011/08/30/kuncen-merapi-rayakan-lebaran-di-shelter

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar