Jarak Aman Headphone dengan Alat Pacu Jantung

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/09/06/763/musik-tua-dalam-ts.jpg
San Fransisco, Ada kabar yang menuturkan bahwa pasien dengan perangkat jantung implan atau alat pacu jantung dilarang memakai headphone, karena diduga bisa menyebabkan gangguan fungsi dari alat pacu jantung. Namun, apakah benar pasien dengan perangkat jantung implan atau alat pacu jantung dilarang memakai headphone?

Seperti dikutip Epharmapedia, Selasa (6/9/2011), sebuah studi baru menunjukkan, ketika diposisikan dengan benar, headphone MP3 player tidak akan menimbulkan masalah bagi pasien dengan implan perangkat jantung atau alat pacu jantung.

Seorang peneliti di Canada's department of health, mengungkapkan bahwa headphone MP3 player dan speaker mini tidak menyebabkan gangguan magnetik pada alat pacu jantung implan atau defibrillator asalkan mereka menjaga jarak minimal 2 cm dari perangkat.

"Jarak tersebut berlaku baik pada saat player on atau off, maupun headphone yang terhubung ke player," kata penulis studi Kok-Swang Tan, seorang ilmuwan penelitian Medical Devices Bureau of Health Canada.

Hal ini karena medan magnet statis pada headphone masih dapat menyebabkan gangguan fungsi dari alat pacu jantung meskipun dalam kondisi off. Tapi pasien dengan implan perangkat jantung tidak boleh menggantungkan headphone di leher, sebaiknya headphone berada di atas dada atau menyimpannya di dalam saku depan.

"Pasien dengan implan perangkat jantung atau alat pacu jantung juga perlu memastikan bahwa mereka tidak mengizinkan seseorang yang memakai headphone untuk bersandar pada dada atau kepala mereka," tambah Tan.

Studi ini melibatkan 21 alat pacu jantung dan 8 cardioverter defibrillator implant (ICDs) yang secara terpisah terendam dalam kotak plastik berisi 0,18 persen air garam. Lalu memebrikan jarak pemisah hingga 30 cm.

Hasilnya Tan melihat tidak ada gangguan dari headphone dan speaker mini pada jarak 2 cm atau lebih dari permukaan perangkat, dan headphone tidak mengubah pengaturan perangkat jantung atau mempengaruhi alat pacu jantung tersebut.

Seorang pakar kelainan irama jantung di Amerika Serikat mengatakan bahwa, temuan ini penting untuk melengkapi penelitian sebelumnya. Sebuah studi pada tahun 2009 yang telah mengungkapkan bahwa, MP3 player mungkin dapat menyebabkan gangguan magnetik pada perangkat jantung implan atau alat pacu jantung pada jarak kurang dari 3 cm.

Penelitian ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan Heart Rhythm Society's di San Francisco.
Sumber : .detikhealth.com/read/2011/09/06/111846/1716376/763/jarak-aman-headphone-dengan-alat-pacu-jantung?l991101755

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar