3 Penyebab Kulit Siku dan Lutut Berwarna Lebih Gelap

Bookmark and Share
Jakarta, Sudah menjadi rahasia umum kalau kulit di daerah siku dan juga lutut berwarna lebih gelap dibanding bagian tubuh lainnya. Apa yang membuat warnanya lebih gelap?

Perbedaan warna kulit ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit (penyakit Addison) atau penggunaan obat-obat tertentu. Orang-orang dari ras Afrika-Amerika dan Timur Tengah umumnya lebih rentan memiliki warna kulit siku dan lutut yang lebih gelap.

Tapi umumnya ada 3 hal yang menjadi penyebab paling sering warna kulit siku dan lutut lebih gelap, seperti dikutuip dari Livestrong, Jumat (16/9/2011) yaitu:
1. Lebih sering menerima tekanan
2. Paparan sinar matahari
3. Merupakan daerah kulit yang kering

Siku dan lutut bisa dibilang bagian tubuh yang paling sering menerima tekanan seperti saat menopang dagu atau berlutut yang membuatnya menebal. Jika daerah yang tebal ini sering terkena sinar matahari maka memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap.

Selain itu lapisan kulit di daerah siku dan lutut terbilang mengandung pigmen kulit (melanin) yang lebih banyak, sehingga memicu timbulnya warna kulit yang lebih gelap atau hitam.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna kulit yang lebih gelap di daerah siku dan juga lutut yaitu:

1. Gunakan scrub untuk menggosok daerah tersebut, karena biasanya lebih kasar dibanding daerah lain sehingga bisa menghilangkan kotoran yang menempel di daerah tersebut lalu membilasnya hingga bersih.

2. Mengelupaskan kulit, jika disebabkan oleh banyaknya tekanan maka cobalah mengelupaskan kulit tersebut dengan menggunakan kain lap dan krim exfoliating 2 kali seminggu. Tapi jangan berlebihan karena berisiko mengembangkan kulit kering atau gatal kronis.

3. Menggosok dengan air jeruk nipis, karena ia bisa menjadi agen pemulith alami yang menghilangkan warna kulit gelap. Oleskan pada kulit tersebut dan biarkan 30 menit, lalu membilas dan melembabkan daerah tersebut.

4. Menggunakan tabir surya pada siku dan lutut, karena sinar matahari lebih cepat menggelapkan daerah tersebut daripada seluruh tubuh. Kondisi ini bisa membantu mengurangi warna gelap dan menjaga kelembaban.

5. Memodifikasi perilaku, jika banyak memberikan tekanan pada lutut dan siku maka mulailah menguranginya dengan menghindari postur dan perilaku yang banyak memberi tekanan di daerah tersebut.
sssumber : detikhealth.com/read/2011/09/16/102322/1723829/766/3-penyebab-kulit-siku-dan-lutut-berwarna-lebih-gelap?l991101755

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar