Sepatu Datar Juga Menyebabkan Punggung Nyeri

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Sepatu-datar.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Sulit tidur dan tidak nyaman ketika duduk dan berdiri selalu dirasakan ketika sakit punggung muncul. Ini juga bisa menghambat aktivitas dan mengganggu konsentrasi kerja.

Bila dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering mengalami sakit punggung. "Sakit punggung adalah alasan utama mengapa wanita pergi ke dokter. Kemudan, sebanyak 80% orang yang mengalami gangguan tersebut akan menderita sakit punggung dalam jangka waktu yang lama, bahkan seumur hidup," kata Martin Leland, MD, seorang ahli bedah ortopedi dari University of Chicago Medical Center, seperti dilaporkan oleh Redbook.

Pemicu sakit punggung bukan hanya karena membawa barang berat. Tapi kebiasaan kita sehari-hari, apa sajakah itu?

* Memakai sepatu datar
Bukan hanya sepatu hak tinggi yang bisa menyebabkan nyeri punggung, sepatu datar juga bisa menjadi penyebabnya. Itu karena sol yang sangat tipis tidak dapat menopang kaki dengan benar. Sebaiknya, pilih sepatu yang memiliki sol yang lembut dan mampu mendukung tumit.

* Menggendong Anak-anak
Jika kita memiliki bayi, itu bisa juga menjadi pemicu nyeri punggung. Apalagi jika mengalami kesulitan saat menggendong mereka terutama ketika anak-anak beratnya semakin bertambah. Menurut Michael Hisey, MD, ahli ortopedi dari Texas Back Institute, cara terbaik menggendong anak adalah dengan satu pinggul. Kemudian, pindahkan secara bergantian, dari kiri ke kanan atau sebaliknya, untuk menjaga keseimbangan.

* Ponsel
Saat mengetik, banyak orang menerima panggilan telepon dengan menjepitnya antara bahu dan telinga, sangat umum kita lihat seperti itu. Ternyata ini adalah kebiasaan buruk yang membuat nyeri bahu dan punggung dalam waktu yang lama. Gunakan headset bila kita sedang tidak bisa menggunakan tangan untuk menerima telepon.

* Duduk untuk waktu yang lama
Posisi duduk lebih dari lima jam bisa membuat punggung kita tertekan. Tak heran, jika setelah bekerja kembali bisa jadi kita merasa punggung kaku bahkan merasa sakit luar biasa. Pastikan saja untuk beranjak dari tempat duduk setelah satu jam duduk, apakah hanya pergi ke toilet atau ke meja rekan lain untuk mengistirahatkan punggung kita.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar