Nyeri Punggung? Lakukan Hal Berikut untuk Mencegahnya

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Nyeri-punggung.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Nyeri punggung memang tidak mengenakkan. Posisi tubuh berubah dan kemampuan gerak menjadi terbatas. Nyeri ini muncul akibat kerusakan tulang belakang atau jaringan lunak penghubung tulang belakang, perubahan kelengkungan struktur tulang belakang, cedera otot atau jaringan saraf tulang belakang dengan lapisan pelindungnya.

Untuk mencegahnya, dr. John W. Knight memberi kiat berikut:

Duduklah dengan posisi tegak. Untuk itu, pilihlah kursi dengan sandaran tinggi dan kuat. Bila capek dan ingin menyelonjorkan kaki, jangan lakukan sembari duduk, tetapi lakukan dengan cara berbaring. Bila terpaksa harus duduk lama, misalnya dalam perjalanan jauh, pakailah bantal untuk menahan punggung.

Ketika mengangkat beban berat, jaga posisi punggung agar tetap tegak. Anda mesti berjongkok dengan punggung tegak dan bukan membungkuk. Caranya, tekuklah lutut dan biarkan kaki Anda yang menerima beban karena kaki lebih kuat ketimbang punggung. Bila beban terlalu berat, jangan memaksakan diri.

Tidurlah di atas kasur agak keras. Kasur terlalu empuk akan membuat punggung dalam posisi melengkung, sehingga Anda merasa tak nyaman saat bangun tidur.

Capailah bobot badan normal. Orang gemuk mudah sakit punggung karena ada beban tubuh yang harus diterima punggung.

Khusus kaum wanita, hindari sepatu bertumit tinggi. Tumit tinggi, terutama yang ujungnya lancip, akan menyebabkan tekanan tidak wajar pada punggung. Untuk amannya, pakailah sepatu bertumit rendah dan usahakan tegak selama berdiri atau berjalan. Bila tetap ingin bergaya dengan sepatu tumit tinggi, pilihlah yang bersol rata.

Bila tiba-tiba Anda merasa nyeri punggung, segeralah beristirahat di tempat tidur. Untuk nyeri yang masih dini, lakukan kompres dingin disertai obat penghilang nyeri.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar