Apa Penyebab Nyeri di Rahim?

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hati-hati jika Anda mengalami rasa nyeri yang muncul di bagian rahim. Karena bisa jadi, hal itu disebabkan karena adanya infeksi atau bahkan akibat tumor.

Menurut dr Nasruddin SpOG, rasa nyeri pada organ genital (rahim) disebabkan oleh banyak faktor.

"Faktor-faktor itu bisa karena infeksi (jika wanita dengan riwayat keputihan), posisi rahim yang kurang baik, dan ada massa tumor di rahim (mioma uteri)," jelas Dosen Fakultas Kedokteran UMI yang juga Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini.

Selain itu, rasa nyeri pada rahim biasanya terjadi karena berhubungan atau terjadi secara siklik pada setiap saat menstruasi (endometriosis atau adenomiosis) yaitu kondisi di mana jaringan endometrium tumbuh dan berkembang di dalam otot rahim atau di luar rahim. Dan inilah yang menyebabkan nyeri setiap haid datang.

Dijelaskannya, kondisi nyeri setiap haid dan infertilitas (sulit atau tidak punya anak) sangat berhubungan dengan Endometriosis/adenomiosis ini.

"Karena itu, bagi Anda yang menderita rasa nyeri seperti ini sebaiknya melakukan konsultasi langsung ke dokter ahli untuk mengetahui penyebab rasa nyeri yang Anda rasakan," saran Nasruddin.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar